Home / Artikel / Ragam Daerah / Sri Sultan Hamengku Buwono X, “Keris Adalah Warisan Budaya”

Sri Sultan Hamengku Buwono X, “Keris Adalah Warisan Budaya”

Jogjakarta, sketsindo – Serikat nasional pelestarian tosan aji Senopati Nusantara menggelar musyawarah nasional dan pameran tosan aji di Cleopatra Pyramid Resto 24 Hingga 26 Februari 2017. Pameran dan musyawarah  Senopati Nusantara dibuka langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Sri Sultan Hamengku  Buwono X.

Dalam wawancara singkat dengan sketsindonews.com, Sri Sultan HB X meminta kepada Senopati Nusantara untuk intens dalam melestarikan serta memperkenalkan keris dan tosan aji kepada generasi muda. Sebab, keris Saat ini sudah diakui sebagai warisan budaya Oleh Unesco.

“Saat ini, banyak orang terjebak pada nilai mistik keris, sehingga banyak yang seakan mendewakan karena di anggap memiliki tuah atau yoni tertentu. Sering juga kan kita menonton tayangan di Televisi tentang kekeliruan cara pandang sebagian masyarakat tentang keris, “papar Kanjeng Sultan.

Disinilah, lanjut Kanjeng Sultan, Senopati Nusantara dan para pegiatnya untuk memberikan arahan tentang bagaimana harus bersikap dan tata cara menempatkan tosan aji atau keris tersebut.

“Saya turut berbahagia masih ada generasi muda yang tergabung dalam Senopati Nusantara mau dan bersedia nguri uri dan memeperkenalkan peninggalan budaya berupa keris,” pungkasnya.

Reporter : Kumara

Check Also

Ratusan Santri Pondok Pesantren AFKN Lakukan Wisata Religi di Pulau Panjang

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 120 santri dari Pondok Pesantren Alfati Kafa Nusantara (AFKN), lakukan wisata …

Watch Dragon ball super