Home / Artikel / Sudah Ribut Peganti Wagub DKI Sandi, Sementara SK Presiden RI Belum Diterima Sandiaga

Sudah Ribut Peganti Wagub DKI Sandi, Sementara SK Presiden RI Belum Diterima Sandiaga

Jakarta, sketsindonews – Pengunduran diri Wagub Sandiaga Uno belum sepenuhnya sah secara UU masih ada proses, walaupun Sandiaga telah melayangkan surat ke DPRD DKI Jakarta.

Perlu di ingat ujar Amir Hamzah Pengamat Politik dan Kebijakan Publik, menjelaskan ada mekanisme berdasarkan ihwal pengunduran Sandiaga Uno, yakni sesuai UU No. 10 Tahun 2016 Tentang Pilikada dan UU No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Lanjut Amir, Sandiaga tidak bisa mengundurkan diri secara sendiri walaupun sudah disampaikan surat di DPRD DKI. Bukan berarti dengan surat yang sudah di sampaikan otomatis Sandiaga sudah mengundurkan diri, tukasnya. (12/8)

surat.pengunduran.sandiaga.doc

Karena harus ada proses melalui mekanisme parpurna DPRD DKi dan proses itu belum di jalankan oleh Anggota DPRD DKI secara paripurna, dengan ketentuan persetujuan hatus mencapau 2/3 yang anggota yang hadir.

Artinya, kata Amir. Setidaknya 77 anggora DPRD secara paripurna harus menyetujui pengunduran Sandiaga Uno dari total 106 Anggota Dewan DKI Jakarta, menolak atau menerima pengunduran diri Sandiaga Uno.

Hal ini apa yang pernah kita alami saat Wagub DKI Priyanto mendampingi Gubernur Fauzi Bowo dimana Priyanto, saat itu DPRD DKI menolak pengunduran diri Priyanto hingga akhir jabatan masih menjadi Wagub mendampingi Fauzi Bowo.

Kalo bicara seandainya, proses ini ada kepentingan politik tertentu tidak menutup krmungkinan proses cawapres sandiaga akan terganggu dan mengalami kendala untuk selanjutnya.

Namun jika sebaliknya proses pengunduran Sandiaga di ajukan kepresiden maka melalui Depdagri untuk di tindak lanjuti kepada Presiden RI.

Terang Amir, ini masih ada waktu sebulan proses ini bisa berjalan, setelah itu DPRD DKI memutuskan siapa calon pengganti Sandiaga Uno menjadi Wagub DKI nantinya.

Bukan sekarang ribut soal siapa peganti Sandi padahal harus diketahui bahwa yang berwenang memberhentikan Wagub DKI oleh Presiden RI melalui Depdagri.

Walaupun Sandiaga sudah di daftrakan di KPU sebagai Cawapres Sandi masih tetap Wagub DKI Jakarta karena belum ada persetujuan dari DPRD dan SK Presiden, tandas Amir.

reporter : nanorame

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super