Home / Artikel / Sudin KPKP Jakarta Pusat Telah Capai Target HPR 115,63%

Sudin KPKP Jakarta Pusat Telah Capai Target HPR 115,63%

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka World Rabies Day yang yang jatuh pada tanggal 27 September 2017 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta laksanakan giat program DKI Jakarta bebas rabies secara serentak di 5 wilayah kota dan 1 Kabupaten Kepulauan Seribu.

Hal ini dikemukakan Sri Hartati Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi DKI Jakarta saat lakukan giat vaksinasi rabies di jalan Pangeran Jayakarta, Taman Budi Rahayu RW 09 Kelurahan Mangga Dua Selatan Kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat tadi pagi (4/10).

Menurutnya, pemprov DKI telah bebas rabies sejak tahun 2004 dengan terus kami lakukan vaksinasi rutin setiap tahun di wilayah DKI Jakarta, terangnya.

Pelaksanaan ini sejak tanggal 2-7 Oktober 2017 di seluruh wilayah DKI yang dilaksanakan Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) tingkat kota, sesuai himbauan dunia dalam capaian tahun 2030 Indonesia bebas dari rabies, jelas Sri.

“kita ketahui pemyakit rabies sangat berbahaya, dimana setiap 10 menit korban gigitan hewan terhadap anak – anak bisa menciptkan korban bahkan meninggal dunia. ”

Sementara Kepala Seksi Peternakan Kota Jakarta Pusat Sudungan mengatakan, ini merupakan KPI Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, dimana Sudin KPKP Jakarta Pusat telah melampui target vaksinasi sejak bulan Oktober 2017 kasus Hewan Penular Rabies (HPR) dengan mencapai 3.409 HPR rincian sebagai berikut, 1.873 ekor anjing, 1499 ekor kucing, 15 ekor kera, dan 21 ekor musang.

Artinya pihak Sudin kpkp mencapai cakupan target 115, 63%, ujarnya. Sementara untuk kegiatan vaksinasi kali ini pihaknya telah melakukan vaksinasi terhadap hewan sebanyak 79 ekor terbagi. HPR Anjing 69 ekor, kucing 8 ekor untuk sementara ini, sambil menunggu warga lain, ucapnya.

Lurah Mangga Dua Selatan Setiyanto saat ditemui sketsindonews. com menjelaskan program vaksinasi rabies pihaknya telah lakukan jemput bola terhadap pemilik hewan dengan tenaga jumantik membantu tugas sosialisasi serta himbauan, ucapnya.

Sebelumnya pihaknya juga telah lakukan dengan layangan surat bagi pemilik hewan di wilayah Kelurahan MDS. Diharapkan dengan vaksinasi ini wilayah kami sungguh menjadi bebas serta antisipasi kemungkinan yang terjadi terhadap pecinta hewan peliharaan baik anjing, kucing serta kera, tukas Setiyanto.

Kesempatan lain pemilik pecinta hewan Yeni (30) dengan membawa anjing milik blasteran eropah menyatakan, selama ini kami lakukan vaksinasi rutin selama 6 bulan sekali sesuai dengan himbauan dokter hewan, ujarnya.

Kami sangat apresiasi pihak pemerintah melakukan vaksinasi bagi hewan kami, dimana secara gratis dilakukan Pemprov DKI dengan anti rabies.

Hewan kami diperiksa secara phisik kesehatan baik suhu tubuh hingga persoalan lain yang menjadikan hewan kami mendapat gambaran tentang kesehatan serta suntikan rabies untuk tidak berbahaya bagi orang lain, tutur Yeni.

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Lurah Kwitang ; Menata Kampung Tematik Religi dan Penghijauan Pemukiman

Jakarta, sketsindonews – RTH Jalan Kramat II Kelurahan Kwitang Senen Jakarta Pusat meliputi RW 08, …

Watch Dragon ball super