Home / Berita / Surat Terbuka Untuk Jokowi, Minta Guru Nahum Situmorang Jadi Pahlawan

Surat Terbuka Untuk Jokowi, Minta Guru Nahum Situmorang Jadi Pahlawan

Jakarta, sketsindonews – Keinginan Yayasan Karya Cipta Abadi Komponis Guru Nahum Situmorang (YKCA-KGNS) untuk menjadikan pencipta lagu O Tao Toba sebagai Pahlawan terus diuapayakan.

Belakangan Ketua Umum Yayasan Karya Cipta Abadi Komponis Guru Nahum Situmorang melayangkan surat terbuka Kepada Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Berikut isi surat tertanggal 03 Juni 2019 dengan nomor 03/YKCA-KGNS/VI/2019 perihal ‘Permohonan Usulan Pemberian Gelar Pahlawan Nasional Bidang Seni Budaya a.n Komponis Nasional Guru Nahum Situmorang’

Dengan Hormat,
Perkenankanlah kami yang bertanda tangan dibawah ini :
ANDAR MANGATAS SITUMORANG,SH
Ketua Umum Yayasan Karya Cipta Abadi Komponis Guru Nahum Situmorang (YKCA-KGNS) Pemegang HAK CIPTA 171 (seratus tujuh puluh satu) Judul Lagu terdaftar di Dirjen HAKI Nomor : 036479 tanggal 10 Desember 2008 Ciptaan Pencipta a.n :

Nama : GURU NAHUM SITUMORANG
Kewarganegaraan : Indonesia
Tempat/ Tgl Lahir : Sipirok, Tapanuli Utara tanggal 14 Februari 1908 (Valentine Day)
Wafat/ Meninggal : Di Kota Medan pada tanggal 20 Oktober 1969.
Dimakamkan : Di TPU Gajah Mada di Medan Sumatera Utara.

Berkedudukan domisili hukum kantor di Jl. Kejaksaan No: 5.H Kel. Pondok Bambu Kec.Duren Sawit Kodya Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia .

Dengan ini
Mengajukan permohonan usulan pemberian Gelar Pahlawan Nasional Bidang Seni Budaya kepada Komponis Nasional Guru Nahum Situmorang yang telah memenuhi Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus sebagaimana dimaksud ketentuan

1. Undang Undang Nomor: 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Pasal 24,25,26 tentang Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus
2. Surat Menteri Sosial Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial tanggal 16 November 2016 Nomor: 1414/DYS-KK-KRS/11/2016

Berdasarkan alasan dan hal sebagai berikut :

01. Bahwa kronologis Ciptaan Komposer GURU NAHUM SITUMORANG mencipta 171 judul lagu terdaftar di Dirjen HAKI Demhukham RI hasil karya agung maha besar ciptaan lagu abadi melodi indah telah banyak di rekam ulang di dalam negeri dan diluar negeri sebagai berikut :

1. Bahwa Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG pada tahun 1969 pernah diundang PRESIDEN RI Ir. SOEKARNO ke Istana Merdeka untuk tampil mendendangkan lagu lagu ciptaannya di hadapan para Duta Besar Negara Sahabat hingga semua hadirin memberikan pujian luar biasa.

2. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG sejak tahun 1927 mulai mencipta lagu pertama kali mengumandangkan hasil Ciptaannya lagu Judul ALOHA U (Lagu Hawai yang diterjemahkan dalam Bahasa Inggris) dan kemudian diterjemahkan dalam Bahasa Daerah Batak judul HORAS MA HO didendangkan di sekolah Kweekschool di Jln. Gunung Sahari Jakarta, sebelum pindah ke Lembang Bandung dan selaku pemuda turut menjadi Anggota Kongres Pemuda Barisan Perintis Kemerdekaan.

3. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG pada tahun 1928 mengikuti sayembara Cipta lagu Kebangsaan Indonesia pemenang pertama W.R SOEPRATMAN dengan lagu INDONESIA RAYA pemenang kedua GURU NAHUM SITUMORANG dengan lagu judul FAJAR KEMERDEKAAN TELAH MENYINGSING .

4. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG pada tahun 1936 di Medan memenangkan sayembara Lagu Sumatera Keroncong Concours dan hingga pada tahun 1942 – 1945 membuka Restoran Jepang jadi pemusik Jepang SENDENHA HONDOHAN.

5. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG pada tahun 1945 – 1949 menciptakan lagu judul O TAO TOBA dan RURA SILINDUNG dan HOLONG NI ROHAM DO SINTA-SINTA DI AU dan lagu judul SEGA NAMA HO.

6. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG tahun 1950 – 1960 produktif mencipta lagu hingga semasa hidupnya telah menciptakan kurang lebih 205 Judul lagu.

7. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG disamping ahli menggesek biola juga pencipta lagu-lagu Indah dengan nada bagus juga mampu menulis dan membaca not balok hasilkan accunpenenten piano jadi lagu hingga saat ini belum ada bandingannya.

8. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG selaku Warga Negara Indonesia dengan kemampuan di bidang seninya, telah memperkaya khasanah musik Abadi Indonesia hingga saat ini selalu didendangkan baik di Tanah Air maupun di luar negeri.

9. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG tanggal 11 September 1965 menjuarai Bintang Radio RRI di Medan dan pada tanggal 17 Agustus 1969 di Jakarta menerima penghargaan ANUGERAH SENI dari Mendikbud atas jasa-jasanya mengharumkan nama Negara RI sebagai PENCIPTA LAGU-LAGU RAKYAT BATAK PALING BERHASIL.

10. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG tanggal 20 Desember 2006 menerima Anugerah Kebudayaan 2006 dalam bidang Pelestari dan Pengembang Seni Musik dan Lagu-lagu Tapanuli dari Presiden RI melalui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

11. Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG tahun 2006 oleh Presiden RI SBY Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan penghormatan (Honorary Award)


2) Bahwa Komponis Guru Nahum Situmorang selaku putra daerah yang leluhurnya berasal dari Desa Urat Kabupaten Samosir semasa hidupnya telah menciptakan lagu lagu daerah dan perjuangan yang saat ini terdaftar resmi hasil ciptaanya berjumlah 171 judul lagu dari ciptaan nya yang tercatat 205 judul lagu dan Komponis Guru Nahum Situmorang juga menciptakan syair misteri pada salah satu ciptaanya lagu berjudul PULAU SAMOSIR DO, tersirat meminta kelak tulang belulangnya dimakamkan di Makam Pahawan Nasional dan minta dibangun suatu Tugu Prasasti di Bona Pasogit di Pulau Samosir selaku dirinya turunan Ompu Tuan Situmorang Si 7 Ama desa tempat berdri Tugu Parsadaan Situmorang Si 7 Ama se Dunua dan berdirinya pohon beringin Jabi Jabi Sihasangapan di Desa Parsaoran Kec Palipi Kab Samosir tempat berasal seluruh Marga Situmorang se Dunia sehingga permohonan usul pemberian Gelar Pahlawan Nasional ini kami ajukan melalui Kantor Bupati Samosir.


3) Bahwa berdasarkan uraian penjelasan bukti petunjuk diatas adalah suatu kenyataan semasa hidupnya Komponis Guru Nahum Situmorang selaku WNI Putra Daerah dari Pulau Samosir layak dan pantas diberi menerima Gelar Pahlawan Nasional Bidang Seni Budaya berdasarkan bukti kenyataan bahwa Komponis Guru Nahum Situmorang adalah sangat memiliki Integritas moral dan keteladanan, Berjasa terhadap Bangsa dan Negara, Berkelakuan baik tidak pernah tercatatat melakukan perbuatan tercela maupun perbuatan pidana, disamping kenyataan sepanjang masa hidupnya Komponis Guru Nahum Situmorang telah melakukan pengabdian dan perjuangan turut menjadi Anggota Kongres Pemuda Barisan Perintis Kemerdekaan. Pernah melahirkan pemikiran mampu menciptakan lagu daerah dan lagu Perjuangan, telah melahirkan karya besar dalam bidang seni budaya lagu lagu hasil ciptaanya telah mengharumkan nama BANGSA. Hasil karya besarnya telah bermanfaat bagi Bangsa mengangkat harkat dan martabat Bangsa Idonesia di mata Dunia. Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi dalam sayembara Cipta lagu Kebangsaan Indonesia GURU NAHUM SITUMORANG menjadi pemenang kedua dengan lagu ciptannya berjudul FAJAR KEMERDEKAAN TELAH MENYINGSING dan Pemenang pertamanya WR SOEPRATMAN dengan judul lagu INDONESIA RAYA

4) Terlampir Daftar judul Lagu Ciptaan Komponis Nasional GURU NAHUM SITUMORANG atas 171 Judul lagu pada Dirjen HAKI Nomor : 036479 tanggal 10 Desember 2008

Demikian kami sampaikan permohonan usulan ini untuk pemberian Gelar Pahlawan Nasional berikut bukti – bukti petunjuk mevvmenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus kepada KOMPONIS NASIONAL GURU NAHUM SITUMORANG, atas perhatianya. Terima kasih
.

(Eky)

Check Also

Jokowi Singgung Aktivis 98 Layak Jadi Menteri

Jakarta, sketsindonews – Saat pertemuan halal bihalal bersama Aktivis 98 Presiden Joko Widodo sempat menyinggung jatah menteri …

Watch Dragon ball super