Home / Berita / Nasional / Tahun 2023, Kominfo Targetkan Latih 500 Pemimpin Digital
Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto (dua dari kiri) dalam Konferensi Pers Program Penyediaan Talenta Digital Kominfo di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (31/01/23). - (Indra)

Tahun 2023, Kominfo Targetkan Latih 500 Pemimpin Digital

Jakarta, sketsindonews – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan 500 beasiswa pelatihan untuk pemimpin digital di sektor publik dan swasta. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo membuka Program Digital Leadership Academy (DLA) untuk melatih kepala daerah dan manajer perusahaan swasta.

“Tahun 2023 Program DLA ini ada 500 kuota yang bisa kita targetkan. Kita akan melakukan pelatihan dan visitasi bagi 20 kepala daerah bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan kita sudah menentukan di negara Korea,” jelas Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto dalam Konferensi Pers Program Penyediaan Talenta Digital Kominfo di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/23).  

Kabalitbang SDM Hary Budiarto menjelaskan pelatihan dan visitasi program DLA pada tahun 2022 telah sukses dilakukan kepada 20 peserta kepala daerah dengan negara tujuan Singapura. Tahun ini, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Badan Pengembangan SDM Kementerian Dalam Negeri,

“Tahun ini akan sama juga diikuti oleh 20 kepala daerah yang nanti syarat-syarat kepala daerahnya ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri, misalnya tentang kabupaten dan kota yang inflasinya rendah atau yang indeks masyarakat digitalnya sudah bagus dan banyak lagi persyaratan yang ada,” tuturnya.  

Menurut Hary Budiarto, lewat Program DLA, Kementerian Kominfo berupaya meningkatkan kapasitas kepemimpinan digital gubernur, bupati dan walikota. 

“Kalau tahun kemarin kita bekerja sama dengan BPSDM Provinsi Jawa Barat untuk membuat pelatihan yang dinamakan Smart Digital Leader untuk Jabar Juara. Untuk Sumatera Utara kita sudah sepakat dengan Sekda untuk memilih tema Smart Digital Leader Sumut Bermartabat. Ini yang akan segera kita lakukan sekitar bulan maret mendatang,” jelasnya.  

Selain dengan pemerintah daerah sebagai sektor publik, program DLA juga bekerja sama dengan sektor swasta seperti Masyarakat Telematika Indonesia  (Mastel) dan Amazon Web Services dengan tema khusus untuk infrastruktur digital.  

“(Kerja sama dengan Mastel dan AWS) yang kuotanya ada 200 orang yang mengikuti (total jumlah peserta),” ujarnya. 

Program DLA merupakan salah satu program pelatihan digital yang dirancang Kementerian Kominfo untuk memenuhi kebutuhan talenta digital nasional. Program itu merupakan prioritas yang dicanankan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat transformasi digital nasional.

(Eky)

Check Also

Panglima TNI Terima Kunjungan Uskup Umat Katolik Lingkungan TNI-Polri

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menerima kunjungan Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI dan …

Watch Dragon ball super