Home / Berita / Taruna  AAU Ikuti Latsitardanus Ke-37 Di Kalimantan Utara

Taruna  AAU Ikuti Latsitardanus Ke-37 Di Kalimantan Utara

Yogyakarta, sketsindonews – Sebanyak 118 Taruna Tingkat IV Akademi Angkatan Udara (AAU) berangkat menuju Kalimantan Utara untuk Mengikuti Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-37tahun 2017, yang ditandai dengan Upacara Pemberangkatan Latsitarda Nusantara dipimpin Gubernur AAU Marsda TNI Iman Sudrajat, SE di Lapangan Dirgantara AAU, Senin (10/4).

Taruna peserta Latsitardanus Kontingen AAU yang berada dalam Yontarlat III Latsitarda akan berangkat pada tanggal 13 April 2017 menggunakan kapal melalui pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju daerah latihan di Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung Provinsi Kalimantan Utara dan direncanakan latihan ini akan berlangsung hingga tanggal 10 Mei 2017 mendatang.

Dalam sambutannya Gubernur AAU menyampaikan salah satu tujuan pelaksanaan Latsitarda adalah untuk meningkatkan semangat kesadaran bela negara di tengah-tengah masyarakat. Para Taruna diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan kepada masyarakat lokal demi tetap tegaknya negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saya berpesan kepada para Taruna dan Taruni saya ingatkan, agar menjaga selalu soliditas dan solidaritas antar sesama Taruna AAU dan Taruna matra lainnya, termasuk dengan seluruh element masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan Latsitarda Nusantara serta diharapkan jalin komunikasi secara intensif dengan kontingen lain, baik sesama peserta dalam Yontarlat IIILatsitarda Nusantara, maupun dengan satgas serta dengan masyarakat di tempat kalian melaksanakan latihan,” paparnya.

Dalam pelaksanaan Latsitarda, lanjut Gubernur AAU, nantinya pelajari, pahami, dan hormati budaya kearifan lokal dan adat istiadat yang berlaku di masyarakat setempat, dengan tetap menjunjung tinggi kehormatan sebagai seorang Taruna AAU dan calon perwira Angkatan Udara.

“Latsitarda Nusantara ini merupakan program Latihan dari Akademi TNI dan Polri serta Praja IPDN dan Mahasiswa yang bertujuan memupuk rasa Persatuan dan Kesatuan antar Taruna, Mahasiswa, dan Masyarakat, juga secara Integrasi belajar hidup bermasyarakat, sehinga sebagai calon-calon Pemimpin bangsa masa depan dapat mempersiapkan diri secara mandiri dengan bekal pengalaman yang diperoleh dari masyarakat secara langsung,” ungkapnya.

Sebelum melaksanakan Latsitarda Nusantara para Taruna/ Taruni telah mendapatkan beberapa pembekalan dari Gubernur Kaltara, Tim Akademi TNI, Kementrian Pertanian dan Pangan, Gubernur AAU dan pejabat lainnya, serta melaksanakan latihan lapangan dari instruktur dari STTP Bogor dalam pengelolaan lahan pertanian yaitu padi, jagung dan kedelai yang akan diaplikasikan pada daerah latihan.

Selesai melaksanakan kegiatan upacara pemberangkatan Latsitarda dilaksanakan pengecekan gelar perlengkapan Latsitarda yang dilaksanakan di Gedung Handrawina yang dilaksanakan oleh Gubernur AAU, Wakil Gubernur AAU, Pejabat List A AAU serta Perwira Khusus.

Reporter: Kumara

Check Also

Anang Serukan Elit Cooling Down Saat Asian Games

Jakarta, sketsindonews – Asian Games yang bakal digelar pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan …

Watch Dragon ball super