Home / Berita / Terdakwa Ijazah Palsu Dituntut 9 Tahun Denda 1 Miliar

Terdakwa Ijazah Palsu Dituntut 9 Tahun Denda 1 Miliar

Jakarta, sketsindonews – Kuasa hukum korban ijazah palsu yang diterbitkan Sekolah Tinggi Injili Arastamar atau STT Setia, Sabar Ompu Sunggu berharap pengadilan dapat memutus sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Kami Kuasa Hukum dari korban cukup membuat senang hati para korban atas tuntutan dari jaksa penuntut umum selama 9 tahun penjara,” ungkap Sabar Ompu Sunggu usai sidang, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Senin (21/5).

Dia menambahkan, “Memang secara hukum maksimalnya 9 tahun, namun kami minta majelis hakim tetap konsisten memvonis di atas 9 tahun.”

Tidak hanya itu, dia juga berharap agar kedua terdakwa tersebut setelah divonis nanti segera dilakukan penahanan.

“Sampai hari ini kami merasa jenuh karena telah banyak pengorbanan waktu, materi maupun tenaga yang dilakukan untuk kuliah tetapi ijazahnya tidak bisa digunakan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, dalam sidang yang digelar dengan agenda tuntutan, JPU menuntut kedua terdakwa Rektor STT Setia, Matheus Mangentang dan Direktur STT Setia Ernawati Simbolon dengan tuntutan 9 tahun penjara dengan denda 1 Miliar subsider 6 bulan tahanan, serta meminta agar kedua terdakwa dilakukan penahanan rutan.

Dalam dakwaan dipaparkan bahwa kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah menyelenggarakan Pendidikan tanpa ijin dan penerbitan tanpa ijin sebagaimana di atur dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.

“Berdasarkan fakta – fakta di dalam persidangan bahwa para terdakwa telah mengeluarkan ijazah tanpa hak sehingga perbuatan terdakwa di nilai telah meresahkan masyarakat dan menimbulkan banyak korban dan menimbulkan kepada korban,” ujar JPU, Handri saat membacakan dakwaan.

(Eky)

Check Also

Terbang 20 Menit, Pesawat Citilink Kembali Mendarat Di Soeta

Jakarta, sketsindonews – VP Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia Ranty Astari Rachman benarkan adanya …

Watch Dragon ball super