Home / Berita / Nasional / Terkait Kinerja Hakim, MA Telah Proses 2.516 Aduan Sepanjang 2021

Terkait Kinerja Hakim, MA Telah Proses 2.516 Aduan Sepanjang 2021

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 2.897 aduan masyarakat terkait kinerja para Hakim diterima Mahkamah Agung (MA). Dari jumlah tersebut, total 2.516 telah selesai diproses dan 381 aduan tengah dalam proses penanganan.

Ketua Mahkamah Agung RI, HM Syarifuddin menyampaikan hal tersebut di acara Refleksi Akhir Tahun 2021 dengan tema Bersinergi Untuk Membangun Kepercayaan Publik.

“Di bidang pengawasan dan penegakan disiplin aparatur selama tahun 2021, Badan Pengawasan Mahkamah Agung telah menerima pengaduan sebanyak 2.897,” kata Syarifuddin kepada wartawan di Mahkamah Agung Republik Indonesia, Jakata, Rabu (29/12/2021).

Dijelaskan Syarifuddin, sepanjang 2021 MA bersama Komis Yudisial (KY) telah menggelar sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH). Ada 3 orang Hakim dengan hasil akhir masing-masing hukuman disiplin berupa sanksi berat yaitu hakim nonpalu selama dua tahun.

Lalu, terkait surat rekomendasi penjatuhan disiplin yanh berasal dari KY yang diajukan ke MA pada tahun 2021 berjumlah 60 rekomendasi. Sebanyak 3 rekomendasi telah ditindaklanjuti dengan penjatuhan sanksi.

Sedangkan sehanyak 57 rekomendasi tidak dapat ditindaklanjuti dengan alasan 54 rekomendasi terkait dengan teknis yudisial dan 3 rekomendasi karena terkait dengan substansi putusan.

“Sesungguhnya masalah seperti ini sudah menjadi masalah lama yang terus berulang,” ujar Syarifuddin.

Syarifuddin mengingatkan, dalam Peraturan Bersama antara MA dengan KY sudah diatur terkait pengaduan masyarakat kepada KY.

Jika dalam pengaduan itu, diduga ada pelanggaran teknis dan ada pula pelanggaran kode etik, sesuai ketentuan akan dilakukan pemeriksaan bersama oleh MA dan KY.

“Jika terbukti sebagai pelanggaran etik maka KY yang memberikan rekomendasi dan jika terbukti sebagai pelanggaran teknis yudisial maka Mahkamah Agung yang membrikan rekomendasi hukuman disiplin tersebut,” tutupnya. (Fanss)

Check Also

Presiden Segera Keluarkan Perpres Media Sustainability

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan segera mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Media Sustainability (MS). Ini …

Watch Dragon ball super