Home / Berita / Aliansi Organisasi Pemuda DKI Tidak Diam Atas Persekusi

Aliansi Organisasi Pemuda DKI Tidak Diam Atas Persekusi

Jakarta, sketsindonews – Maraknya Aksi persekusi yang dilakukan oleh oknum atau ormas tertentu yang mengatasnamakan Suku, Agama, maupun Ras, yang telah menimbulkan korban dan viral di media, mendorong organisasi pemuda terdiri yang dari, KB PD IX FKPPI DKI Jakarta, DPW GARDA PEMUDA Nasdem DKI Jakarta, Badan Advokasi Hukum (BAHU) Nasdem DKI Jakarta membuat pernyataan sikap, di gedung Gerakan Pemuda Ansor DKI Jakarta, utan kayu, jumat (2/6/2017).

Pernyataan sikap tersebut terdiri dari:

  1. Tidak tinggal diam atas aksi persekusi, intimidasi dan teror yang dilakukan oleh oknum atau ormas.
  2. Kami mengedepankan penegakan hukum ketimbang aksi main hakim sendiri
  3. Kami meminta semua pihak untuk berhenti menggunakan media apapun untuk ujaran kebencian (hate speech) baik dari pihak manapun.
  4. Kami mendorong Cyber Crime POLRI untuk bergerak cepat dalam rangka pencegahan dengan memblok akun – akun yang memposting ujaran kebencian agar mencegah gesekan yang lebih dalam di masyarakat.
  5. Membentuk Tim Reaksi Cepat di 44 kecamatan di DKI Jakarta untuk respon cepat atas aksi persekusi, intimidasi, dan teror.

Anwar Sjani menjelaskan bahwa kasus persekusi yang menjadi persoalan di masyarakat khususnya di Jakarta, sangat bertentangan dengan hukum, dan aksi sweeping dan persekusi telah melanggar kebebasan seseorang dan bertentangan dengan asas praduga tak bersalah.

Jika ada pihak yang tersinggung akibat stasus seseorang di media sosial, kata dia, tetap ada proses untuk menindaknya.

“Tapi, bukan dengan cara mengancam, penjemputan, intimidasi, pemukulan, atau tindak kekerasan lain,” tegas salah satu perwakilan Aliansi Organisasi Pemuda. (Edo)

Check Also

Sangat Sulit LHP DKI 2018 Dapat WTP Dari BPK

Jakarta, sketsindonews – Pengamat kebijakan publik Amir Hamzah memprediksi opini yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan …

Watch Dragon ball super