Home / Berita / Tingkatkan Fungsi PAUD, Kementerian/Lembaga Harapkan Peran Media

Tingkatkan Fungsi PAUD, Kementerian/Lembaga Harapkan Peran Media

Jakarta, sketsindonews – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jendral Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) terus mengupayakan peningkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal tersebut ditunjukkan dengan Pembuatan buku Panduan PAUD berbasis lokal di Hotel Swiss-Bellresidences Kalibata, Jakarta, Rabu (12/10).

Pada kesempatan tersebut Direktur Pelayanan Sosial Dasar (PSD), Hanibal Hamidi menjadi sosok yang paling berperan mengingat, kegiatan tersebut merupakan tupoksinya.

“Cara kerja kami berdasarkan cara pikir, Cara pikir saat ditugaskan harus bekerja atas nama jebatan,” jelasnya dalam acara tersebut.

Dalam pemaparannya, Hanibal juga menjelaskan mengenai Inovasi menuju kemandirian desa yang di bentuk menjadi 3 yakni pertama Jaring komunitas Wira Desa (JKWD) sebagai Penguatan daya dan ekspansi kapabilitas mesyarakat desa

Selanjutnya kedua, Lumbung ekonomi desa (LED) yang berguna sebagai pengoptimalisasi sumber daya desa untuk mewujudkan kemandirian ekonomi, kedaulatan pangan dan ketahanan energi

Terakhir ketiga, Lingkar Budaya Desa (LBD) sebagai Partisipasi masyarakat desa sebagai kerja budaya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum PAUD Indonesia, Damanhuri sangat mengapresiasi langkah yang di ambil oleh Kemendes PDTT melalui Direktur PSD.

“Masyarakat harus mempunyai inisiatif untuk mengumpulkan anak-anak, lalu mulailah anak itu bermain bersama dan di lembagakan menjadi sistem lembaga PAUD yang selama ini belum banyak yang mengerti,” jelasnya.

Dia berharap tumbuh gerakan PAUD dari masyarakat yang bukan para komando gerakan.

“Yang juga digerakkan oleh media dengan menguji satu daerah atau menginterview tokoh masyarakat maupun tokoh agama,” harapnya.

Menurutnya, tanpa ada usaha-usaha untuk mereka menyadari partisipasinya, maka program tersebut tidak akan berjalan.

“Satu kampanye akan berhasil apabila di setiap desa ada taman bacaan dan perpustakaan terutama bahan-bahan tentang PAUD,” tandasnya. (Eky)

Check Also

Jokowi Naik Moge Pesan Prolog Ceremony Asian Games 2018

Jakarta, sketsindonews – Dalam Opening Ceremony Asian Games di GBK Senayan Jakarta semua orang tertuju …

Watch Dragon ball super