Home / Berita / Tinjau Bandara NYIA, Menhub : Sisi Udara Rampung 100%

Tinjau Bandara NYIA, Menhub : Sisi Udara Rampung 100%

Kulon Progo, sketsindonews – Progres pembangunan sisi udara New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau Bandara Yogyakarta Baru telah rampung atau mencapai 100 persen. Hal ini dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau langsung NYIA di Kabupaten Kulonprogo bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Rabu (24/4) siang.

“Alhamdulillah Bandara New Yogyakarta International Airport sudah selesai kira-kira 20% untuk terminal penumpangnya, tetapi runway praktis sudah kita selesaikan 100% bahkan dengan suatu kualifikasi yang mungkin paling baik di indonesia,” kata Menhub Budi.

Dijelaskan Menhub, rencananya tidak lama lagi NYIA akan beroperasi melayani penerbangan internasional dan sebagian penerbangan domestik dari dan ke Yogyakarta. Menhub berharap dalam minggu-minggu ini Presiden RI Joko Widodo dapat mendarat di NYIA.

“Biasanya bulan puasa Lebaran di Jogja ini ramai sekali, direncanakan ada sebagian daripada penerbangan yang ada di Bandara Adisutjipto pindah kesini ya kalau bisa 50 take off – landing berarti 25% pindah kesini, tapi mungkin ini bertahap. Oleh karenanya kita akan memberikan kesempatan kepada penerbangan yang diluar Jawa untuk terbang kesini,” jelas Menhub.

Lanjutnya, Menhub berharap dengan dioperasikannya NYIA maka akan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Yogyakarta. Terlebih lagi menurut Menhub sektor pariwisata di Yogyakarta saat ini sudah baik dan sama dengan Bali.

Terkait integrasi antarmoda, dijelaskan Menhub pemerintah telah mempersiapkan sejumlah alternatif moda angkutan umum bagi masyarakat yang akan menuju NYIA seperti kereta api dan Bus Damri yang akan melayani dari Terminal Giwangan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan dengan dibangunnya NYIA pihaknya akan mendorong pemerintah pusat untuk mengembangkan infrastruktur jalan tol yang menyambungkan Yogyakarta dengan kota-kota lain disekitarnya. Hal ini dilakukan untuk pengembangan kawasan mendukung sektor pariwisata.

Pada sisi darat, NYIA akan memiliki luas terminal 210.000 m2 dengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta penumpang/tahun. Sementara disisi udara, NYIA memiliki runway atau landas pacu sepanjang 3.250 x 45 meter dengan 23 parking stand seluas 159.140 m2. NYIA juga akan dilengkapi fasilitas sebanyak 10 unit garbarata. 

Turut mendampingi pada peninjauan ke NYIA hari ini (24/4) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, dan sejumlah pejabat terkait. 

(Eky)

Check Also

Bertemu Presiden Jokowi, Habibie Tegaskan Persatuan Bangsa Tak Bisa di Ganggu Gugat

Jakarta, sketsindonews – Selepas pelaksanaan Pemilu 2019, seluruh rakyat Indonesia diharapkan dapat kembali merekatkan rasa …

Watch Dragon ball super