Transjakarta Luncurkan 100 Bus Baru Bernama Maxi

 

Jakarta, sketsindonews – Transjakarta hari ini meluncurkan 100 bus baru yang diberi nama Bus Maxi Transjakarta di Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Transkjakarta menarget pengadaan 300 bus jenis ini sampai akhir tahun.

“Ini sebagai bentuk komitmen kita semua untuk lebih baik melayani pelanggan,” kata Direktur Utama Trans Jakarta, Budi Kaliwono, di Monas, Jakarta, Minggu (9/4).

Bus tersebut diklaim memiliki kapasitas penumpang lebih banyak, yaitu 100 penumpang. “Sebelumnya hanya 80,” jelas Budi.

Selain itu, ia juga menyebut bus tersebut memiliki sistem keamanan yang lebih canggih. “Sekilas enggak ada bedanya, tapi kalau dilihat lebih detail rodanya ada tiga di masing-masing sisi,” lanjutnya.

Kenyamanan penumpang pun ditingkatkan dengan menggunakan bahan jok kulit. “Penumpang bisa tidur dengan lebih nyaman,” kata dia sambil tertawa.

Budi menjelaskan, Transjakarta merogoh kocek lebih dalam untuk menghadirkan bus tersebut. “Harganya Rp 2,5 miliar lebih mahal dari biasa untuk kenyamanan pelanggan,” kata dia.

Bus maxi yang diluncurkannya ini adalah keluaran tiga produsen mobil ternama, seperti Merci, Volvo, dan Scania.

Meskipun demikian, pihaknya tidak hanya ingin memperbaiki fasilitas saja, tapi juga kinerja pekerjanya. “Sekarang pekerja kami harus tegas namun tidak marah-marah dan selalu tersenyum,” lanjutnya.

Sementara Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono (Soni) yang turut hadir meresmikan Bus Maxi Trans Jakarta, turut bangga dengan hadirnya bus Transjakarta baru tersebut.

“Kita taunya Transjakarta enggak cuma bus aja, tapi ada kapal lautnya ke Pulau Seribu dan mungkin kereta ke depannya,” ujar Soni. (Eva)