Home / Artikel / Trend Pasar Tasik Beton Tanah Abang, Kultur Yang Harus Dipelihara Menunjang Industri Kreatif Pedagang

Trend Pasar Tasik Beton Tanah Abang, Kultur Yang Harus Dipelihara Menunjang Industri Kreatif Pedagang

Jakarta,sketsindonews – Keberadaan Pasar Tasik Ex Aneka Beton yang terletak di Jalan Jembatan Tinggi Jati Baru Tanah Abang Jakarta Pusat sebuah langkah inovatif bagi tumbuhnya industri kreatif busana Muslim, apalagi ini sudah menjadi ikonik para penggiat ekonomi bukan saja dari Bandung tapi daerah lain untuk ikut berusaha di bisnis ini, ujar Tokoh Masyarakat Tanah Abang Nasir Sochieh saat diminta tanggapannya. (25-02-2017)

Lahan Ex. Aneka Beton milik PT.KAI yang awalnya tidak berfungsi tapi kini dapat di maksimalkan oleh warga setempat sebagai pemberdayaan kearifan lokal yang nota bene lebih punya kultur agamis, ini sangat tepat sehingga warga sekitar juga bisa diperdayakan dalam segala sektor, terang Nasir.

“Dulu kawasan ini sangat images yang buruk dengam persoalan sosial dan kumuh, tapi sudah ditata oleh pengelola kordinator pasar Tasik.”

Namun demikian kata Nasir, kontribusi bukan pada persoalan pemberdayaan saja, tapi bagaimana kawasan itu diperluas untuk mengatasi problem pemerintah Jakarta Pusat dalam menata kawasan macet dan PKL liar yang juga harus ditampung dalam lokasi yang sama.

Niscaya Tanah Abang kedepannya akan lebih baik termasuk bebas prositusi jika jelang malam masih saja mejeng para bidadari, tegas Nasir.

Menurur Kordinator Pasar Tasik H. Heru Nuryaman menjelaskan, pasar Tasik Ex. Aneka Beton trend peningkatan pelayanan bagi tata kelola akan kami maksimalkan bagi kebutuhan usaha industri kreatif busana muslim, termasuk untuk membina PKL jalanan sebagai solusi pemerintah DKI mengatasi macet dan kultur sosial kawasan, ujarnya.

Lahan 1,2 Ha nanti akan kita maksimalkan dalam zonasi, kini kan baru pasar Tasik, kami akan terus perbaiki inrastruktur jika nantinya pemda DKI dalam merealokasi PKL yang menjadi sumber macet.

Kita siap lah, selama ini kan kami selalu kordinasi dengan pihak pemda agar kawasan Tanah Abang bisa berubah images menjadi pusat belanja yang aman, nyaman tak ada lagi kriminal seperti dulu, tukas Heru.

Sementara Kepala Dinas UMKM Provinsi DKI Jakarta Irwandi, kami masih mempelajari ikonik pasar Tasik termasuk Koperasinya Surya Alga Amanah dalam mendorong industri kreatif, pungkasnya.

“Kita lihat nanti, kami akan turunkan tim investigasi kelayakan atribute tata kelolanya, apakah itu berdaya guna bagi industri serta sektor pembedayaan lokal masyarakatnya, kata Irwandi.

Tak menutup kemungkinan jika verifikasinya dan trend perkembangan bagus pemerintah DKI akan mendorong menjadi lebih baik bagi dunia usaha kreatif di kawasan itu.

reporter : nanorame

Check Also

Ratusan Santri Pondok Pesantren AFKN Lakukan Wisata Religi di Pulau Panjang

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 120 santri dari Pondok Pesantren Alfati Kafa Nusantara (AFKN), lakukan wisata …

Watch Dragon ball super