Home / Artikel / Tuhan Berbelas Kasihan
Ilustrasi

Tuhan Berbelas Kasihan

2 Raja-Raja 20:1-7

Renungan – Raja Hizkia yang jatuh sakit, menangis dan memohon pertolongan Tuhan. Ketika firman Tuhan disampaikan oleh Nabi Yesaya, bahwa dia akan mati, dia tidak begitu saja menerima keputusan tersebut, dia mencoba membujuk hati Allah dalam doanya, Apakah yang menyebabkan dia memperoleh kesembuhan? Imannya bahwa Tuhan mampu memberi kesembuhan padanya. Tuhan berdaulat atas usia manusia, maka ketika Hizkia dalam imannya memanggil Tuhan, Tuhan mendengarkannya.

Iman yang benar akan mempengaruhi kehidupan seseorang dalam perjumpaannya dengan Tuhan. Dia tidak lagi menunjukkan kehebatannya sebagai seorang Raja, tapi iman mengubah dia menjadi pribadi yang rendah hati, di mana dalam dirinya tidak ada yang dapat diandalkan untuk memberi kesembuhan padanya.

Hizkia menangis dengan sangat. Tangisan hanya ada ketika kita merasa tidak mempunyai kekuatan apapun. Tangisan adalah suatu jeritan untuk memohon sebuah pertolongan.

Di hadapan Tuhan, Hizkia mendapat kasih, karena memang tidak ada lagi raja Yehuda yang Tuhan perlakukan istimewa, selain Hizkia. Sebagai manusia yang ditebus oleh Darah Yesus, anakNYA, kita pun dikasihi Bapa, diperlakukan kasih yang “istimewa”, mendapat hak kesulungan dan warisan Abraham.

Oleh karena itu, biarkan DIA mengatur jalan hidup kita. Saat Tuhan berkata dan melarang dengan jelas seperti “STOP INI DAN ITU!” “Stop. Kamu harus berhenti dari kebiasaanmu sekarang!”, “Stop, Jangan lanjutkan. Dia bukan pasangan yang AKU sediakan bagimu!”, “Stop.

Pekerjaanmu membuat kamu jauh dari AKU!” “Stop. Teman-temanmu membuat kamu terjerumus dalam dosa!”, “Stop. Lakukan ini saja!” serta mungkin masih banyak lainnya, sadarilah karna DIA sebagai BAPA yang mengasihi kita.

FirmanNya semata-mata untuk kebaikan kita saja. DIA ingin menyatakan sesuatu untuk kebahagiaan kita. Tuhan melarang sesuatu itu karena Dia tahu bahwa sesuatu itu akan membuat kita hancur, tidak bahagia atau bahkan jauh dari kasihNya. Mari kita belajar untuk sepakat dengan DIA.

(Renungan HKBP Ujung Menteng)

Check Also

Cimanuk Normal, Petani Indramayu Lega

Indramayu, sketsindonews – Petani di Kabupaten Indramayu boleh kembali lega, pasalnya Kementerian Pertanian lewat tim …

Watch Dragon ball super