Home / Artikel / Uji Emisi Sudah Tak Pakai Sticker, Dinas LH Sudah Menunjuk Bengkel Bersertifikasi

Uji Emisi Sudah Tak Pakai Sticker, Dinas LH Sudah Menunjuk Bengkel Bersertifikasi

Jakarta, sketsindonews – Dinas LH DKI Provinsi DKI Jakarta dalam menunjang program langit biru kembali akan menggalakkan program uji emisi kendaraan bermotor.

Salah satu kontribusi pencemaran udara Jakarta berasal dari sektor transportasi (kendaraan bermotor). berbeda dengan program uji emisi sebelumnya yang masih menggunakan stiker sebagai tanda lulus uji emisi, mulai saat ini Dinas LH akan menerapkan aplikasi E Uji Emisi yang terkoneksi dengan bengkel bengkel resmi se DKI Jakarta, tutur Kepala Dinas LH Isnawa Adji kepada sketsindonews.com. (27/7)

Kami sudah menunjuk sementara terdata 218 bengkel yang telah tersertifikasi sebagai bengkel pelaksana uji emisi tersebut.

Kata Adji lebih lanjut, program ini bagian dari implementasi Perda DKI Jakarta nomor 2 tahun 2005 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Kemaren Rabu 26 Julli 2017, sebagai awal sodialisasi diberikan pembekalan penerapan E Uji Emisi di kantor Dinas LH Jakarta kepada 50 bengkel ATPM seperti Peeusahaaan Astra Toyota Isuzu, Astrido, Auto 2000, Sun Motor, Bluebird, Chevrolet, BMW Prima.

Sambung Adji pihaknya dalam hal ini tidak dikenakan biaya pembekalan ataupun pemanfaatan Aplikasi e Ujiemisi ini. Jadi, adapun biaya uji emisi semuanya diserahkan kepada pihak bengkel tersebut (diantaranya ada yg mematok 50 ribu setiap kendaraan).

Uji emisi ini membawa manfaat untuk memastikan pembakaran mesin kendaraan lebih sempurna,menjdkan irit bbm, life time mesin dan yang pasti bisa kendalikan gas buang yang melebihi baku mutu untuk CO (Karbon Monoksida ambang batas 3% dan Hidrokarbon HC 700 ppm sesuai Pergub 31 th 2008 Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Tidak menutup kemungkinan salah satu persyaratan perpanjangan STNK kedepan nantinya akan mensyaratkan hasil uji emisi merupakan syarat mutlak Terhadap yang sudah mengikuti uji emisi dengan tanda lulus stiker tetap berlaku sampai 6 bulan.

Selanjutnya dinas LH tdk lagi mengggunakan stiker untuk itu bagi pemilik kendaraan sebagai hasil uji emisi kami membuka hotline http://ujiemisi.jakarta.go.id adapun untuk jelasnya dpt hub Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan Dinas LH DKI Jakarta. Telp 021 80884931, paparnya.

reporter: nanorame

Check Also

Luka Terus Menyala Discripsi Ramadhan

Sahur Hari Ketujuh Jakarta, sketsindonews – Sahur di hari 7 di bulan Ramadhan 1439 H …

Watch Dragon ball super