Undang Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia, Arsitekur UPH Bahas 3 Tugas dari Profesi Arsitek

oleh
oleh

Jakarta, sketsindonews – Arsitektur UPH menghadirkan Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI), Ahmad Djuhara pada ‘Diskusi Filosofis tentang Profesi dalam Arsitektur’ yang diselenggarakan di Pelita Hall, Gedung B UPH Kampus Lippo Village, Selasa (04/02/20).

Diskusi ini bertujuan untuk mengaitkan kembali profesi arsitek pada ‘makna hidup’ yang lebih holistis. Sehinnga baik dosen dan mahasiswa yang hadir mampu menggali dan memahami hakikat dan prinisip dari profesi arsitek melalui penjelasan seputar 3 ciri tugas dari profesi arsitek.

Ahmad menjelaskan dari sisi filosofi, arsitektur merupakan ruang tempat berkiprah dalam hidup yang menjadi wadah untuk berekspresi dalam beragam aspek dan arsitek merupakan orang pemberi ruang. Sehingga ciri tugas pertama dari seorang arsitek yaitu tugas Ontologis-estetis yaitu untuk menciptakan dan mengisi ruang kenyataan (lih. Heidegger, Der Ursprung des Kunstwerkes).

Konstruksi arsitektural menjadi salah satu cara penyingkapan kenyataan dalam hidup; menyingkapkan apa itu manusia, masyarakat, keindahan, and bahkan Tuhan. Arsitek sebagai ‘co-creator’ dunia dan arsitektur sebagai bentuk historis. Arsitek bertugas untuk membuka atau menyediakan ruang tempat keindahan dan hidup manusia berada beserta maknanya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.