Home / Hukum dan Kriminal / Vonis Nihil Heru Hidayat, Jaksa Agung : Tidak Ada Kata Lain Selain Banding!

Vonis Nihil Heru Hidayat, Jaksa Agung : Tidak Ada Kata Lain Selain Banding!

Jakarta, sketsindonews – Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dengan tegas memerintahkan jajarannya untuk untuk mengajukan banding terkait putusan terdakwa kasus PT. Asabri, Heru Hidayat.

“Saya telah perintahkan Jampidsus (Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus). Tidak ada kata lain selain banding!” tegas Burhanuddin kepada wartawan di Komplek Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (19/1/22).

Kendati demikian, Burhanuddin tetap menghargai dan menghormati apa yang sudah diputuskan oleh Majelis Hakim. Namun, Jaksa Penuntut Umum (JPU) merasa kurangnya keadilan masyarakat yang sedikit terusik.

“Diputus, dia terbukti (bersalah) tapi hukumannya adalah nol, nihil. Padahal kita memperhitungkannya bahwa 16,7 triliun di Jiwasraya hukumannya adalah seumur hidup. Kemudian untuk Asabri 22,7 triliun, terbukti hukumannya nihil” tambahnya.

Ia menambahkan, secara yuridis masih bisa dimengerti, tetapi rasa keadilan yang ada di masyarakat sedikit terusik.

Sebelumnya, Komisi Yudisial (KY) mengimbau para pihak dan masyarakat untuk menghormati putusan Pengadilan yang telah dijatuhkan terhadap terdakwa kasus korupsi PT. Asabri di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (18/1/22).

Juru Bicara (Jubir) Komisi Yudisial, Miko Ginting mengatakan, apabila tidak puas dengan substansi dari putusan tersebut, maka jalur yang tersedia adalah upaya hukum.

“Saya kira kejaksaan agung dalam hal ini mewakili publik untuk melakukan atau tidak melakukan upaya hukum. Begitu juga, terdakwa dan penasehat hukumnya, juga dijamin haknya untuk mengajukan upaya hukum. Intinya, jalur untuk mengkontes substansi putusan adalah melalui upaya hukum.” kata Miko dalam keterangan resmi, Rabu (19/1/22).

(Fanss)

Check Also

Mau Safari Sholat Jum’at, Anggota Sat. Binmas Polres Sampang Dan Masyarakat Tangkap Tahanan Kabur Dari Rutan Kelas IIB Sampang

Sampang, sketsindonews – Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH melalui Kasi Humas Polres Sampang Ipda …

Watch Dragon ball super