Home / Artikel / Wacana Grup WA Wartawan dan Pejabat Pemko Jakarta Pusat  Muncul Kerena Tersumbatnya Informasi Peran Jurnalis

Wacana Grup WA Wartawan dan Pejabat Pemko Jakarta Pusat  Muncul Kerena Tersumbatnya Informasi Peran Jurnalis

Jakarta, sketsindonews – Wacana grup Whatshaap (WA) dalam membangun komunikasi dan informasi antara pejabat Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan para jurnalism yang bertugas, hal ini bisa menjadi positif selain terjalinnya informasi yang aktual dalam sumber pemberitaan.

Wacana grup WA tentunya belum tentu pejabat mau dari wacana ini karena kembali kepada pejabat dan SKPD dalam menyikapinya.

Apalagi bila dikaitkan dengan informasi kinerja antara fakta dilapangan, ini tentunya juga menjadi kendala, ujar Gus Rachman (45) warga Johar Baru saat di minta tanggapan.

“Komunikasi dan informasi dalam tugas jurnalis menjadikan tugas pokok para wartawan dalam mewartakan kepada publik dengan apa adanya, apalagi bicara auto kritik, fakta dan solusi.”

Kenapa wacana ini muncul, mungkin karena tersumbatnya informasi bagi para jurnalis. Ini seharusnya menjadi pekerjaan “Sudin Kominfo Jakarta Pusat” dalam memberikan informasi yang terbuka, “up to date” dalam memberikan data terhadap keperluan yang di gali para wartawan, pungkasnya.

Jadi tak salah wacana grup WA yang di gagas para wartawan muncul karena tak ada informasi atau isu yang sudah di lakukan SKPD, selain pula faktor sulitnya SKPD menerima ruang dan waktu saat di minta konfirmasi, terang Agus.

Faktor lain sudah berapa banyak grup pejabat yang dimilikinya itu saja tak maksimal dalam memberikan informasi kepada wartawan untuk di publis.

Sementara Ivan jurnalis on line Cakrawala mengatakan, diskusi grup di pokja watawan memunculkan ini sehingga ada sebuah komunikasi sumber apa yang menjadi kebutuhan informasi para profesi para jurnalis, tukasnya.

“Ini bisa menjadi terobosan kemitraan serta untuk membangun komunikasi emosional antara pejabat dan wartawan dalam menyikapi isu kegiatan diwilayah,” ucap Ivan.

Tambah Tarta Ketua Pokja Wartawan Jakarta Pusat, yah ini terobosan selain pokja Jakarta Pusat juga akan melakukan silaturahmi kunjungan kerja ke seluruh UKPD dan Camat, Lurah.

“Tujuan agar terjalin kemitraan yang baik dan solid serta kegiatan UKPD, Camat dan Lurah terpublise,” terang Tarta.

Dipihak lain sumber yang diterima sketsindonews.com pelaksana Harian (PLH) Walikota Jakarta Pusat Premi Lasari mengatakan sangat mendukung kemitraan dengan media. Terlebih dalam menjalin komunikasi yang baik antara Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta dengan media.

Dengan begitu, kata Premi kebijakan program pemerintah bisa sampai ke masyarakat secara langsung.

“Hubungan kemitraan dengan media harus terjalin. Sehingga apa yang di harapkan masyarakat maupun pemerintah bisa diketahui,” ujar Premi.

reporter : inong

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super