Home / Artikel / Wagub Sandi di Acara Cleanup Day Ingatkan Kebersihan Dengan Sistem TSP

Wagub Sandi di Acara Cleanup Day Ingatkan Kebersihan Dengan Sistem TSP

Jakarta, sketsindonews – Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dalam meresmikan kegiatan Oke Cleanup Day di RW 05 Kelurahan Kali Baru Barat Cilincing Jakarta Utara mengajak peran serta warga Jakarta menjaga kebersihan limgkungan. (13/01

Sandi mengatakan, melalui program ini pihaknya mengajak warga jakarta untuk bersama-sama membersihkan wilayahnya dari sampah, khususnya di wilayah perairan Teluk Jakarta yang kian tercemar.

Dan saya sangat apresiasi sekali dengan KJT yang menjadikan Jakarta kembali tersenyum, hari ini kita melaksanakan Ok Clean up Day mari kita bersihkan dan Hijaukan Kalibaru, tegas sandi

“Pekerjaan kita semuanya adalah membersihkan lingkungan kita agar Jakarta tersenyum kembali. Mari bersama-sama kita jaga kebersihan wilayahnya masing-masing agar lingkungan tetap bersih dan sehat,” ucapnya.

Dan wagub Sandi ono juga mengedukasi warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungun dengan prinsip “Tahan, Simpan, dan Pungut (TSP)”.

Dengan prinsip TSP tersebut maka Jakarta akan tetap bersih yang menjadi harapan kita semua, ucap Sandi.

Ketua Jakarta Tersenyum Ivan Andi Dharmawan mengatakan, dengan kegiatan Oke Cleanup Day, agar masyarakat tergerak bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan wilayahnya.

“Masalah sampah jangan hanya dibebankan kepada pemerintah saja, namun juga masyarakat harus turut serta dengan cara menjaga kebersihan,” tegas Ivan.

Secara bersamaan Mairio Tahun Korwil FKDM DKI Jakarta Utara mengatakan membersihkan lingkungan wilayah masing-masing adalah tanggung jawab kita bersama agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

Banyak hal yang terjadi ketika lingkungan tidak terjaga dengan baik, seperti terjadinya bencana banjir maupun timbulnya penyakit.

“Penting agar masyarakat selalu melakukan gotong royong secara rutin untuk membersihkan saluran-saluran drainase di lingkungan sekitar agar tidak terjadi banjir, dan tidak terjangkit penyakit menular yang biasa terjadi di musim hujan ini seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit, dan leptospirosis yang biasa ditularkan oleh tikus, ujar Mario.

Selaku Anggota FKDM seharusnya sudah harus mendorong dan mengedukasi masyarakat sain memonitor wilayah swilayah guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam atau kamtibmas diwilayahnya.

Apa lagi sudah memasuki musim penghujan ini. Kami selalu siaga terhadap cuaca saat ini maka kami akan selalu monitor dan melakukan pengontrolan wilayah masing” kelurahan bersama instansi terkait, terang Mario.

Camat Cilincing Kota Jakarta Utara Purnomo menambahkan, pihaknya saat ini terus berusaha menjaga kebersihan lingkungan. Caranya adalah dengan melibatkan gerakan masyarakat bersama para komunitas nelayan di pesisir Kalibaru, Marunda, dan seluruh jajaran terkait dalam ikut terlibat nilai – nilai kebersihan lingkungan, tutup Purnomo.

reporter : nanorame

Check Also

Warga Lokal Jati Bunder Datangi UMKM Jakarta Pusat, Nasib Kami Memang Jual di Trotoar

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 20 pedagang perwakilan Jati Bunder yang tidak kebagian dari program “sky …

Watch Dragon ball super