Home / Artikel / Warga Menteng Pertama di Jakarta, Lakukan Sanitasi IDB Ipal Komunal

Warga Menteng Pertama di Jakarta, Lakukan Sanitasi IDB Ipal Komunal

Jakarta,sketsindonews – Kelurahan Menteng Jakarta Pusat yang berpenduduk padat kini telah merubah pola sanitasi lingkungan yang standar di Jakarta dalam upaya mendorong pola hidup sehat.

Menteng terkesan elite, keseimbangan kawasan padat dari 10 RW, 5 RW diantaranya merupakan kawasan penduduk padat (marginal), ini rawan sanitasi, kata Lurah Menteng Agus Sulaeman. (22-12-2016)

Agus yang akrab di panggil “Sule” menambahkan, sanitasi khususnya wilayah Menteng Tenggulun dan Menteng Jaya 300 rumah membuang limbah rumah tangga dan limbah kotoran langsung ke kali Kroncong, tukasnya.

“Ini sangat kontradiktif memang dengan persepsi masyarakat bahwa Menteng terkesan wilayah semuanya tertata dan elite”.

Untuk itu harus ada perubahan ekosistem yang radikal dengan adanya program yg bisa merubah, salah satunya kondisi sanitasi ligkungan.

Dengan semangat serta kesabaran warga akhirnya Pemerintah Kelurahan Menteng dengan program Sanimas IDBipal Komunal yang sudah direncanakan dari tahun 2015, di penghujung tahun 2016 Kelurahan Menteng menjadi satu satunya yang disetujui dan memenuhi persyaratan IDBipal Komunal.

Tambah Sule, ada 3 lokasi Ipal Komunal diantaranya ; KSM Delima, Glamour dan KSM 67 masing -masing lokasi dibentuk KSM kelompok Swadaya masyarakat, dengan 1 lokasi pembangunan ipal 425 juta rupiah, total hampir 1.3 Milyar dibiayai dana hibah IDB melalui Kemen PU Perumahan Rakyat.

Manfaat Ipal Komunal sanitasi 1 Ipal saja bisa menampung 70 – 100 rumah dalam cakupan fasilitas.

“Saya sangat optimis kalo m elihat antusiasme (responsif) warga terhadap program ini, dan di harapkan pada tahun 2017 nanti, 6 lokasi ipal bisa kami realisasikan”, papar Sule.

Karena program ini berbasis masyarakat dari mulai perncanaan, pembangunan dan pemafaatannya kedepannya pembinaan harus tetap berjalan oleh pemerintah, yakni dengan supervisi yang dapat diakselerasi oleh masyarakat hingga tercapai kualitas warga yang sehat dan mandiri, harapnya. (Nr)

Check Also

Penataan Lintas Jalan Inspeksi di Tertibkan Petugas Gabungan Kecamatan Kemayoran

Jakarta, sketsindonews – Penataan limgkungan terkait pelanggar lintas jalan baik PKL, Mobet operasi, parkir liar …

Watch Dragon ball super