Home / Artikel / Wow, Anak Kemayoran Punya Mainan Silat Sutera Baja

Wow, Anak Kemayoran Punya Mainan Silat Sutera Baja

Jakarta,sketsindonews – Ternyata Anak Kemayoran punya mainan yang namanya Silat Sutera Baja yang dulu muncul sejak KNIL Belanda di Jalan Kepu Gang IV dekat Langgar Mualim Sai’dan Kemayoran Jakarta Pusat oleh seorang tokoh bernama Mat Marun.

Dalam keterangan kepada sketsindonews.com Devi Gondrong salah satu penggiat budaya Betawi Kemayoran memaparkan, Silat Sutera Baja kini terus kami kembangkan di Jakarta termasuk seni tari, ujarnya.(7-07-2017)

Melalui Yayasan Musium Kemayoran kami akan terus kembangkan kelestarian yang ada dalam upaya mengembangkan nilai budaya sebagai pemersatu bangsa bukan pada kepentingan etnis betawi saja.

IMG_20170207_222846

“Anak Kemayoran hingga saat ini mempunyai stigma, kalo kita berada di luar, pasti punya pegangan jaga diri, dan masih melekat dibenak masyarakat yang kenal Kemayoran.”

Sisi lain Kemayoran sangat besar dalam peringkat pengenalan nama besar. Oleh karena itu kami bersama penggiat budaya terus berupaya menjaga kelestarian potensi baik teritorial dalam membentuk karakter ikon Kemayoran, termasuk keberadaan silat Sutera Baja.

Sebenarnya silat Sutera Baja ilmu bela diri silat yang lebih banyak bermain pada pukulan jarak dekat dengan pukulan memetahkan serangan lawan dengan mancing terlebih dahulu, itu kelebihannya, papar Devi.

Perstasi catatan dalam kejuaraan bulan Desember 2016 yang lalu dalam kejuaraan antar sekolah di GOR Cempaka Putih pada tingkat Provinsi DKI Jakarta, wakil Kemayoran Silat Sutera Baja meraih 4 emas, 2 perak, dan 3 perunggu, itu sangat perestasi bagi anak anak yang mencintai silat.

Kami setiap harinya melakukan latihan di GOR Kemayoran Serdang setiap hari Senen, Kamis baik itu seni tari dan Silat.

Devi menambahkan, sebanyak hampir 100 peserta didik pelajar sekolah mengikuti course tarian dan Silat Sutera Baja, dalam menumbuhkan kebangkan anak perestasi, tutupnya. (Nr)

Check Also

Dua Tahun Tertunda, Bisnis Comunitas Segera Diresmikan

Jakarta, sketsindonews – Sempat terhenti karena pandemi covid-19, rencana peluncuran Bisnis Comunitas (Bisniscom) mulai mendekati …

Watch Dragon ball super