Back

Media Terpercaya

Youtuber Penyiksa Biawak di Sampang Diamankan Polisi

Sampang, sketsindonews – Seorang youtuber penyiksa seekor hewan reptil berjenis biawak di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, diamankan polisi. Youtuber tersebut bernama Abdullah (30) warga Desa Larlar, Kecamatan Banyuates. 

Meski diamankan, polisi melepas Abdullah pasca dirinya mengaku bersalah dan meminta maaf dihadapan publik saat kegiatan konferensi pers di Mapolres Sampang, Senin (13/7/20).

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, biawak tersebut mulanya viral di jagat media sosial yang diunggah Abdullah dalam akun youtube-nya. Abdullah mengaku jika hewan tersebut didapat pasca pulang dari Kota Sampang sehabis berbelanja. 

“Dia menemukan hewan biawak di Kecamatan Kedungdung. Hewan ini dipegang ekornya dan diseret dengan menggunakan sepeda motor hingga hewan mati,” kata Kasubag Humas Polres Sampang Aipda Yoyok, Senin (13/7/20).

Pasca kejadian ini, kapolres memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki siapa gerangan pengunggah video penyiksaan terhadap hewan tersebut. Usut demi usut polisi mendapatkan alamat rumahnya, tidak tahunya dia merupakan pegiat sosmed yakni seorang youtuber. 

“Dia didatangi untuk diklarifikasi perihal penyiksaan hewan yang diunggah dalam akun youtube-nya. Dia kooperatif menerima kedatangan polisi dan meminta maaf,” ungkapnya. 

Terpisah, Kasat Lantas Polres Sampang AKP Ayip Rizal menyampaikan, biawak yang disaksa dengan cara dijarah oleh pengguna motor sempat jadi tontonan masyarakat. Utamanya para pengguna kendaraan bermotor. 

“Sudi kiranya kalau seorang pegiat sosmed itu untuk melakukan hal yang positif, jangan sampai hanya mencari sensasi. Apalagi ini dijalanan,” ujarnya. 

Menurut Ayip, pasal yang dapat disangkakan terhadap Abdullah adalah Pasal 302 Ayat (1) KUHP yakni penganiayaan dan penyiksaan hewan. Saksi hukumnya dipenjara kurang lebih 3 bulan. Namun karena yang bersangkutan komparatif, dan meminta maaf, maka dirinya tidak dilepas.

(nru/akt)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.