YPARAM Distribusikan Daging Qurban Di Wilayah Kuningan Jaksel

Jakarta, sketsindonews – Yayasan Pemberdayaan Rakyat Miskin (YPaRaM) Distribusikan Daging Qurban di wilayah Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (31/7/20).

Pada qurban tahun ini YPaRaM yang mengelola Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) mendapat amanah hewan Qurban dari perorangan dan instansi diantaranya, Majelis Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), PT. Transjakarta, Bank DKI, PD Dharma Jaya, dan Walikota Jakarta Selatan.

Sebanyak 4 ekor sapi dan 22 ekor kambing di potong dan sistribusaikan pada Jum’at dan Sabtu.

Hari pertama qurban YPaRaM memotong hewang qurban 3 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Pada hari berikutnya (Sabtu) memotong 7 ekor kambing di lingkungan Sekretariat YPaRaM, 1 ekor kambing dan 1 ekor sapi dipotong di Padepokan Ciliwung Condet, Balekambang dan 2vekor kambing di potong di Rumah YatimDhuafa “Al Husna” Kelurahan Tengah, Kramatjati

Selaku ketua panitia Agus Supriyanto menyampaikan, bantuan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H didistribusikan di berbagai wilayah warga dampingan dan melalui jaringan relawan Komunitas Jakarta Bahagia, Padepokan Ciliwung Condet serta Rumah Yatim Dhuafa “Al Husna”.

“Kami sampaikan terimakasih atas kepercayaan dari berbagai pihak yang mengamanahkan hewan qurbannya,” ujarnya.

Pendistribusian dilakukan langsung di lokasi pemotongan dengan menerapkan protokoler keaehatan dan dibentuk tim distribusi ke wilayah jaringan warga. Sebagai langkah distribusi melalui jaringan relawan.

“Qurban merupakan bentuk kepedulian kepada sesama, menurutnya. Esensinya adalah bagaimana kita tetap tawadu istiqomah ikhlas menjalankan perintah Allah SWT dengan menguatkan rasa solidaritas kepedulian sesama,” jelasnya.

Pada kondisi pandemi COVID-19 para donatur antusias menyerahkan hewan qurban kepada pengurus YPaRaM, kami pun menjalankan amanah ini dengan melibatkan jaringan relawan dalam pelaksanaannya hibgga daging qurban samapai pada warga seauai data yang kami inventarisasi. Memang tidak dapat memenuhi semua permintaan.

“Semoga Kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan instansi BUMD maupun swasta seperti ini semoga kedepan menjadi gerakan bersama yang diinisiaai oleh masyarakat,” pungkas Agus.

Kristina Iin Dwiyanti selaku Kepala Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) merincikan hewan kurban disebar diberbagai tempat di Jakarta. Ia melanjutkan, hewan qurban juga disalurkan kepada wali murid dan masyarakat berpendapatan rendah atau pra sejahtera.

“Kita juga nggak menyangka dalam kondisi pandemi COVID-19 ini ternyata kepedulian masih tinggi dan ini sangat membantu bagi warga,” tutur Iin yang melibatkan diri sebagai panitia.

Tidak hanya itu, penyembelihan hewan qurban dilakukan selama dua hari yakni pada hari Jum’at, tanggal 31 Juli 2020 hingga hari Sabtu, 1 Agustus 2020.

“Adapun beberapa titik lokasi yang telah disalurkan YPaRaM diantaranya Menteng Atas, Menteng Dalam, Pedurenan, Pasar Rumput, GOR Sumantri, Kalibata, Rawajati, Padepokan Ciliwung Condet (PCC) Balai Kambang Condet (Jaktim), dan rumah Yatim Dan Dhuafa “Al Husna” Kelurahan Tengah,” jelas Iin.

(Eky)