Daya Beli Menurun, Pelaku Usaha Menahan Produksi

oleh
oleh

Penyebab kedua adalah melemahnya nilai tukar mata uang Rupiah. Semakin melemahnya Rupiah menyebabkan biaya input untuk produk dengan bahan baku impor semakin tinggi, yang berdampak pada kenaikan biaya produksi. Jika dilihat data impor bahan baku/penolong pada bulan September, terdapat penurunan 4,86% dibanding bulan sebelumnya (mtm), serta impor barang modal turun 12,27% (mtm). Sebagai catatan, Rupiah terus terpuruk terhadap dolar Amerika Serikat (AS) selama lima bulan berturut-turut. Di sisi lain, pelemahan rupiah juga dapat menjadi peluang bagi produsen yang menggunakan bahan baku lokal untuk dapat bersaing dengan produsen pengguna bahan baku impor.

Sedangkan faktor ketiga adalah faktor eksternal seperti banjirnya produk impor, peredaran barang ilegal, dan kenaikan harga energi pada Oktober ini. “Aparat Penegak Hukum dan Kementerian/Lembaga terkait belum bisa meredam banjirnya barang-barang impor dan barang ilegal yang menggerogoti pasar produsen domestik,” ujar Febri.

Kondisi tersebut telah menyebabkan 16 subsektor yang mengalami penurunan nilai IKI, dengan tiga subsektor yang mengalami penurunan nilai IKI tertinggi adalah Industri Mesin dan Perlengkapan ytdl; Industri Pengolahan Tembakau; dan Industri Komputer, Barang Elektronik dan Optik.

Dilihat dari variabel pembentuknya, variabel Pesanan Baru dan Produksi masih mengalami ekspansi. Variabel Pesanan Baru dan Produksi mengalami ekspansi pada Oktober 2023 sebesar 51,72 (turun 1,54 poin) dan 50,83 (turun 3.34 poin). Sebaliknya, variabel Persediaan Produk mengalami kontraksi. Terjadi peningkatan nilai indeks pada variabel Persediaan Produk dari 47,40 menjadi 47,95 (naik 0,50 poin).

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.