Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun

oleh
oleh

“Dan penyakit ini umum terjadi di kalangan wanita, dikarenakan adanya faktor hormonal estrogen. Apalagi pada usia reproduksi 17-35 tahun. Dengan rekomendasi dokter, pemeriksaan laboratorium dasar untuk pelacakan penyakit lupus yaitu ANA IF yang adalah tes imunologi awal guna mengetahui adanya kekeliruan sistem imun yang dapat menyebabkan penyakit autoimun,” ungkap Dokter Femi Syahrini.

Dijelaskan, penyebab lupus dapat melalui lingkungan pendukung, misalnya paparan sinar matahari, terpapar infeksi tertentu serta obat obatan tertentu yang dapat memicu penyakit lupus. Penyakit lupus tidak menular antar manusia. Deteksi dini pada kondisi seperti, rasa lelah berlebihan, timbulnya ruam pada kulit, diikuti nyeri pada persendian dan lainnya.

“Komplikasi penyakit lupus ini berbahaya apalagi pada organ vital tubuh, Penggunan obat dan rutin konsultasi dokter ahli, dengan didukung gaya hidup sehat dan tentunya rutin berolahraga dapat meminimalisir komplikasi berbahaya pada organ tubuh karena penyakit lupus,” pungkas Dr dr Femi Syahrini Sp.PD- KE, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Reumatologi di Siloam Hospital Makassar, Sulawesi Selatan.

Momentum Meningkatkan Kesadaran

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.