Memantik Kolaborasi dan Inovasi, Kemendikbudristek Gelar Karya Proyek Sosial Siswa BIM Angkatan III

oleh
oleh

Gelar Karya BIM 2023 ini juga diharapkan menjadi pemantik keterlibatan publik untuk menyukseskan proyek sosial yang dilakukan.

Terdapat enam tema proyek sosial yang dilakukan oleh peserta Gelar Karya BIM Angkatan III yaitu ekonomi, lingkungan, sosial budaya, kesehatan, teknologi dan lingkungan.

Kegiatan ini merupakan program dari Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan Sarjana Luar Negeri sebagai persiapan peserta didik untuk menjalani studi ke luar negeri.

Selain itu, proyek sosial bertujuan mengasah empati peserta, membangun semangat kolaborasi, melatih kemandirian, melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis serta meningkatkan kreativitas peserta.

Sebelumnya, para peserta telah mengikuti serangkaian aktivitas proyek sosial, yaitu boothcamp, yang dilaksanakan secara daring setiap akhir pekan pada Maret sampai dengan Mei 2023. Saat ini mereka tengah menjalankan proyek sosial tersebut secara berkelompok dengan didampingi para mentor dan dibantu oleh sukarelawan.

Salah satu contoh proyek sosial bidang ekonomi yaitu KENALI Group diinisiasi oleh I Made Adi Wijaya Putra dari SMA Negeri 3 Denpasar. Proyek inspiratif ini memberikan edukasi kewirausahaan kepada anak-anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 3 Denpasar. Proyek sosial tersebut dipamerkan di Gelar Karya BIM 2023.

“Ide proyek sosial ini muncul saat saya membantu seseorang disabilitas yang memakai kursi roda. Menurut saya siswa-siswa berkebutuhan khusus berhak mendapatkan perhatian. Salah satunya dengan memberikan edukasi dan pelatihan kewirausahaan,” ungkap peserta BIM yang juga finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2022 ini.

Menurutnya, pelatihan dan edukasi kewirausahaan kepada anak-anak berkebutuhan khusus sangat penting. “Dengan berdagang saya yakin mereka dapat bersaing dan menjadi orang yang sukses pada masing-masing bidangnya. Salah satunya dengan kegiatan pembuatan sabun dengan bahan daun kelor yang sudah dilaksanakan di SLB Negeri 3 Denpasar,” kata I Made.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.