Pada Sebuah Nama, Kedaulatan Bangsa Terjaga

oleh
oleh

Diskusi ini dibuka oleh Wakil Ketua I ISC, Prof. Drs. Adrianus Eliasta Maeliala, M.Si., MSc., Ph., dengan mngusung tema “Peran Nama-nama Geografi Untuk Kepentingan Geopolitik”. Lebih jauh, diskusi ini juga mengungkapkan bahwa dalam konteks geopolitik, nama-nama geografi dapat memainkan peran penting karena mencerminkan lokasi, wilayah, dan karakteristik fisik suatu tempat keamanan nasional, dan kerjasama internasional.

Sementara itu dalam kontek toponimi,di mana nama tempat atau nama geografis yang digunakan menunjukkan lokasi suatu wilayah atau tempat. Menurut Prof. Dr. Miltimia RMT Lauder SS. MSe, DEA yang juga selaku Guru Besar Geolinguistik dan Ketua Komunitas Toponimi Indonesia, menjelaskan bahwa dalam konteks geopolitik Indonesia, toponimi dapat mencerminkan sejarah, budaya, dan identitas suatu daerah.
Hal ini menjadi sangat penting bahwa di Indonesia, nama-nama geografi memainkan peran kunci dalam geopolitik. Karena negara ini terdiri dari ribuan pulau dengan karakteristik geografis yang penting. “Maka nama-nama pulau, sungai, atau gunung bisa mencerminkan warisan budaya dan sejarah lokal, serta memberikan wawasan tentang hubungan geopolitik suatu daerah dengan sekitarnya,” jelas Prof. Dr. Miltimia.

No More Posts Available.

No more pages to load.