Peneliti The Indonesian Institute: Pemerintah Perlu Perkuat Pengendalian Inflasi Guna Menjaga Pertumbuhan Ekonomi di 2024

oleh
oleh

“Realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di luar Jawa sudah 58% dan di Pulau Jawa 42%. Investasi di luar Jawa sudah meningkat sejak 2020-an. Hilirisasi juga tidak hanya dilakukan di nikel saja, tapi juga di bauksit, tembaga dan timah. Hilirisasi tersebut juga mendorong “value chain” daripada kendaraan listrik,” paparnya.

Putu kemudian mengatakan bahwa pengembangan kendaraan listrik di Indonesia itu semakin diakomodir dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis untuk Transportasi Jalan.

“Revisi ini memberikan relaksasi untuk tingkat komponen dalam negeri bagi kendaraan listrik. Diharapkan dengan adanya revisi aturan ini, pengembangan kendaraan listrik di Indonesia bisa semakin cepat dan model kendaraan listrik bagi masyarakat juga dapat semakin banyak. Hal ini sesuai dengan asas kebebasan ekonomi di mana masyarakat dapat menentukan pilihan ekonominya sendiri,” katanya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.