Pengurus Keuskupan TNI Polri Gelar Ziarah Rohani Sekaligus Napak Tilas Sejarah

oleh
oleh

Ziarah Rohani sekaligus Napak Tilas menelusuri sejarah OCI agar dapat menjadi spirit dalam pelayanan dan iman, dimulai dari makam Alm. Romo Kanjeng Mgr. Albertus Soegijapranata, S.J.(25 November 1896 – 22 Juli 1963) yang berada di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, Jawa Tengah.

Makam Uskup Militer Pertama Indonesia yang mendapat gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah itu berada di areal tersendiri yang cukup luas dan tertata asri dengan dilengkapi bangunan Pendopo untuk menyenggarakan misa ataupun doa bersama. Soegijapranata menjadi Vicaris Militer Indonesia sejak 25 Desember 1949 hingga 22 Juli 1963.

Usai dari situ, ziarah dilanjutkan ke makam Uskup Militer Kedua Indonenesia, Alm. Romo Kanjeng Mgr. Justinus Kardinal Darmojuwono, Pr (2 November 1914 – 3 Februari 1994) yang berada di pemakaman Kerkop Muntilan, Jawa Tengah. Darmojuwono menjadi Vicaris Militer Indonesia atau Uskup ABRI sejak 8 Juli 1964 hingga 31 Desember 1983. Di pemakaman yang sama juga terdapat makam para Tokoh Katolik diantaranya Romo Richardus Kardis Sandjaja dan Romo Van Lith.

Rombongan Ziarah Rohani para Pengurus OCI itu juga berkesempatan bersilaturahmi dengan Romo Kanjeng Julius Riyadi Kardinal Darmaatmadja, S.J di Wisma Girisonta Ungaran, Jawa Tengah. Kardinal Julius menjadi Uskup Militer/TNI sejak 28 April 1984 hingga 2 Januari 2006. Kedatangan rombongan OCI disambut hangat dengan penuh syukur dan suka cita oleh Uskup Militer Ketiga Indonesia yang pada 20 Desember 2023 genap berusia 89 tahun.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.