Wapres Minta Karya Ilmiah Semakin Terhubung dengan Dunia Industri

oleh
oleh

Kehadiran inovasi dan riset diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi manusia. Adanya ide dan gagasan baru dalam sebuah inovasi akan dirasakan manfaatnya apabila dapat berkontribusi bagi dunia industri secara berkelanjutan. Untuk itu, lembaga pendidikan dan penelitian dituntut untuk memperkuat kerja sama dengan sektor industri guna menghasilkan inovasi yang tepat sasaran bagi kebutuhan masyarakat.

Kampus dan lembaga penelitian perlu mendorong dan mengoptimalkan penelitian untuk dapat bekerja sama dengan dunia industri, termasuk skema pendanaan matching fund bagi peneliti yang bekerja sama dengan industri.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat menghadiri International Conference on Applied Sciences Education and Technology (iConASET) 2023 secara virtual dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Selasa (01/08/2023).

Lebih lanjut Wapres menjelaskan, World Intellectual Property Organization telah merilis Indeks Inovasi Global 2022, yang menyebut Indonesia naik 12 peringkat dari tahun 2021 dan masuk sebagai salah satu negara dengan peningkatan inovasi paling signifikan. Prestasi ini tidak lepas dari upaya kolaborasi antar kampus dengan sektor industri.

“Salah satu kinerja baik yang menjadi catatan Indonesia adalah pada indikator kolaborasi riset dan pengembangan universitas dengan industri,” jelasnya.

Wapres mengungkapkan indikator lain yang turut berkontribusi dalam peringkat perguruan tinggi Indonesia adalah meningkatnya diseminasi karya ilmiah yang mana hal tersebut perlu untuk dijaga bahkan dioptimalkan.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.