Home / Berita / Internasional / Dubes Heri Akhmadi Pimpin Upacara HUT ke-77 RI dan Kunjungi Monumen Soekarno di Tokyo

Dubes Heri Akhmadi Pimpin Upacara HUT ke-77 RI dan Kunjungi Monumen Soekarno di Tokyo

Tokyo, sketsindonews – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada Rabu, 17 Agustus 2022. Kegiatan terdiri dari upacara pengibaran bendera, pemotongan tumpeng kemerdekaan, pentas seni Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), aneka lomba dan permainan, kunjungan ke Monumen Soekarno di kuil Seisho Ji, serta upacara penurunan bendera.
 
Acara diawali dengan upacara HUT ke-77 RI yang berlangsung di halaman SRIT dan dihadiri pejabat dan staf KBRI Tokyo, tenaga pendidik, siswa-siswi SRIT serta perwakilan kelompok masyarakat Indonesia di Jepang dengan mengikuti protokol kesehatan ketat. Tidak kurang dari 1.450 masyarakat dan diaspora Indonesia di Jepang juga hadir daring melalui media Zoom dan akun resmi Youtube KBRI Tokyo.
 
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi bertindak selaku Inspektur Upacara. Komandan Upacara adalah Atase Pertahanan RI Tokyo Kolonel Pnb. Andi Nur Abadi. Sementara itu pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh siswa siswi SRIT yang dilatih oleh Taruna Akademi TNI yang tengah melaksanakan Pendidikan di National Defense Academy Jepang.
 
Usai upacara, Dubes Heri dan Ibu Nuning Akhmadi melakukan pemotongan tumpeng untuk perwakilan BI dan BUMN di Jepang, masyarakat, taruna TNI dan wakil dari SRIT.
 
“Tema hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Ini adalah kristalisasi dari semangat bangsa Indonesia untuk bersama pulih tidak hanya dari pandemi covid19, namun juga untuk tetap bertahan dari hantaman resesi dan krisis ekonomi yang melanda dunia,” ujar Dubes Heri.
 
“Saya ingin, kita semua, warga Indonesia di Jepang di mana pun berada bisa merayakan momentum ini dengan kegembiraan dan kebersamaan,” tambah Dubes Heri.
Upacara Penghormatan kepada Pahlawan Keturunan Jepang di Monumen Soekarno
 
Dubes Heri melakukan upacara penghormatan kepada pahlawan keturunan Jepang di Monumen Soekarno usai memimpin upacara HUT RI di SRIT. Monumen Soekarno berada persis di samping Kuil Seisho Ji, Tokyo.
 
“Ini adalah bentuk apresiasi kita atas peran pahlawan keturunan Jepang yang berjuang berdampingan dengan pahlawan Indonesia,” kata Dubes Heri yang didampingi oleh Atase Pertahanan, Koordinator Fungsi Politik dan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo.
 
Monumen Soekarno didirikan oleh Pemerintah Jepang beberapa tahun setelah kunjungan Presiden Soekarno ke Jepang pada 1958 atas undangan Kaisar Hirohito. Rangkaian kata di monumen itu tertulis dalam aksara Kanji dan Bahasa Indonesia yang memuat isi surat Soekarno  kepada Ichiki Tatsuo serta Yoshizumi Tomegoro yang tercatat ikut membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia, bahkan sejak masa persiapan kemerdekaan. Ichiki pernah menjadi penasihat Divisi Pendidikan pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Ia juga tercatat pernah menjadi Pemimpin Redaksi Asia Raya.
 
Sementara itu, Tomegoro Yoshizumi menjabat kepala intelijen di kantor Laksamana Maeda, seorang perwira Jepang yang memfasilisitasi penyusunan naskah teks Proklamasi di kediamannya.
 
Sebanyak 903 mantan prajurit Jepang ikut bergerilya bergabung dengan tentara Indonesia semasa Perang Kemerdekaan 1945 – 1949. 531 orang  di antaranya tewas atau hilang, 45 orang kembali ke negerinya, dan 324 memilih menjadi warga Indonesia hingga akhir hayat mereka.
 
KBRI Tokyo menggelar acara rangkaian HUT RI ke-77 ini selama sebulan penuh. Di antaranya adalah Turnamen Bulutangkis PPI, Stand Up Comedy Tokyo – Open Mic Special HUT RI, Turnamen Futsal, Pentas Seni dan Budaya serta Temu Diaspora UMKM.

(Red)
 
 
 

Check Also

KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

Jakarta, sketsindonews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku mengawasi langkah investasi yang dilakukan PT Telekomunikasi …

Watch Dragon ball super