Home / Artikel / FKDM DKI Jakarta Telah Menjaga Iklim Kondusif Jakarta Serta Para Pejabat

FKDM DKI Jakarta Telah Menjaga Iklim Kondusif Jakarta Serta Para Pejabat

Jakarta, sketsindonews – Menyikapi komentat Kemedagti Tjahyo Kumulo
menyoroti kasus teror kepada pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kini masih dalam penanganan pihak aparat Kepolisian.

Kemendagri Tjahjo Kumolo meminta Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum beserta jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di seluruh Indonesia, baik provinsi maupun kabupaten atau kota untuk lebih meningkatkan sistem kewaspadaan masyarakat yaitu melalui Forum Kewaspadaan Dini Masyarkat (FKDM) sampai pada tingkat kelurahan, RW/RT..

Sementara Ketua FKDM Provinsi DKI Jakarta Rico M Sinaga menyatakan, bahwa FKDM DKI Jakarta sejak awal telah melakukan deteksi dini dilingkungan dari mulai RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota dan Provinsi DKI Jakarta.

Pengawasan dan deteksi sudah kami awali, apa yang sudah kami lakukan sebelum ada instruksi Mendagri, jangan pihak FKDM menjaga Jakarta di Di claim hasil kerja dari kesbangpol, karena sejak pasca lebaran urbanisasi warga daerah sudah menjadi agenda tahunan oleh para anggota FKDM bahwa mobilisasi penduduk juga sudah kani awasi dalam antisipasinya mulai tingkat paling bawah, jelas Rico. (13/1)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan pembina secara mutlak juga kami lindungi dari apa namanya teror, termasuk pejabat DKI Jakarta lainnya yang berada diwilayah DKI Jakarta.

“Apa yang menjadi perhatian khusus, tambah Rico, upaya deteksi dini terhadap segala bentuk gangguan dan ancaman. Baik kejahatan pidana, teror, bahaya Narkoba, dan identifikasi potensi bencana di lingkungan masing-masing telah menjadi tugas FKDM DKI Jakarta.”

FKDM dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah, dibentuk mulai dari tingkat propinsi, kabupaten/ kota, kecamatan, sampai di tingkat desa/kelurahan,” terangnya.

Peningkatan kewaspadaan masyarakat melalui forum yang ada salah satunya FKDM, yaitu untuk telah banyak membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana termasuk upaya memberikan kontribusi terhadap Stunami Selat Sunda baru – baru ini.

reporter : nanorame

Check Also

Presiden Jokowi Pemerintah Sudah Buka Jalan Pembebasan Ust Abu Bakar Basyir

Jakarta, sketsindonews – Rencana pembebasan Ustaz Abu Bakar basyir yang kini di penjara selama 15 …

Watch Dragon ball super