Home / Berita / Indonesia – Australia Perluas Kerjasama Sektor Transportasi

Indonesia – Australia Perluas Kerjasama Sektor Transportasi

Nusa Dua, sketsindonews – Pemerintah Australia telah memberikan bantuan kepada pemerintah Indonesia di lebih dari 100 proyek yang terkait dengan keselamatan dan keamanan transportasi, sejak tahun 2007 lalu.

Proyek-proyek yang terkait dengan keamanan dan keselamatan transportasi selama 10 tahun ini tersebar untuk sektor perhubungan udara, perhubungan laut, KNKT, Basarnas serta keselamatan jalan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan banyak manfaat yang sudah dirasakan pemerintah Indonesia dari program-program bantuan melalui Indonesian Transport Safety and Security Assistance Package (ITSAP).

“Antara lain mengantarkan Indonesia memperoleh Katagori I di Federal Administration Aviation (FAA), pengembangan navigasi di Papua, ini merupakan hasil pembentukan technical assistance dari pihak Australia,” kata Sugihardjo saat ditemui pada acara Indonesia-Australia Trasportation Sector Forum hari ini (6/4).

Hadir mewakili Pemerintah Australia Shane Carmody, Deputy Secretary of the Departement of Infrastructure and Regional Development Australia.

Lebih lanjut Sugihardjo mengatakan pada tahun 2017 perjanjian MoU kedua negara akan dikembangkan tidak hanya sebatas masalah keselamatan dan keamanan transportasi tapi juga diperluas ke sektor infrastruktur dan investasi yang akan melibatkan banyak pihak termasuk pelaku bisnis seperti BUMN dan swasta.

“Tahun ini MoU kedua negara akan diperbaharui jadi lingkupnya tidak hanya safety dan security, di bidang maritime dan aviation saja tapi akan kita perluas, termasuk juga kerjasama di bidang infrastruktur kaitan dengan juga investasi, ini akan baik bagi ekonomi kedua negara,” ujarnya.

Sugihardjo menjelaskan pembangunan infrastruktur merupakan prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla. Sehigga pengembangan infrastruktur khususnya transportasi akan terus didorong.

“Pengembangan infrastruktur terus didorong, untuk project-project di daerah yang sudah maju dimana project transportasi itu sudah visible secara ekonomi dan finansial, maka pemerintah hanya berperan sebagai regulator dan fasilitator, project kita serahkan kepada perusahaan BUMN, swasta nasional, maupun asing sebagai pelaku usaha untuk investasi dan menjalankan usaha sebagai operator transportasi,” jelas Sugihardjo.

Pada pertemuan ini, lanjutnya juga membahas mengenai tindak lanjut kunjungan Presiden Joko Widodo ke Australia beberapa waktu yang lalu. Terdapat sedikitnya 6 hal penting yang telah disepakati pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia, yaitu:

  1. Pengesahan MoU Between the Goverment of Indonesia and the Australian Goverment on Transportation Cooperation Sector untuk selanjutnya dapat ditandatangani oleh Menteri Perhubungan pada kesempatan yang akan datang.
  2. Menawarkan potensi investasi di bidang infrastruktur transportasi Indonesia seperti pelabuhan, bandara, dan kereta api melalui skema Public Private Partnership (PPP).
  3. Pengembangan capacity building program sebagai kelanjutan program capacity building sebelumnya untuk keselamatan dan keamanan transportasi.
  4. Peningkatan konektivitas transportasi untuk mendukung program Nawacita Presiden yang memprioritaskan pembangunan dari pinggiran atau perbatasan antar negara.
  5. Mendorong peran aktif BUMN dan swasta dalam melaksanakan kerjasama transportasi kedua negara.
  6. Tujuan akhir dari kerjasama bilateral RI Australia adalah untuk meningkatkan perekonomian, perdagangan dan pariwisata.

Pada kesempatan yang sama, Shane Carmody menyebutkan pertemuan ini sangat penting bagi Australia. Shane berharap hubungan kerjasama Indonesia-Australia akan lebih baik lagi ke depannya.

“Selama lebih dari 10 tahun kami sudah mengembangkan hubungan yang sangat baik di safety terutama untuk aviation safety dan juga keamanan penerbangan, kami berharap akan lebih baik ke depannya,” pungkasnya. ()

Check Also

Meriahkan HUT Ke-73 RI, Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Ajak Tentara Autralia Ikuti Lomba-Lomba Tradisional

Jakarta, sketsindonews – Untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa gelar …

Watch Dragon ball super