Kolonel Czi Cosmas Manukallo Danga, Mantan Pasukan Pengamanan Jokowi Lulusan terbaik Unhan 2024

oleh
oleh

Kolonel Czi Cosmas Manukallo Danga, SE, mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Pertahanan, Jurusan Program Studi Ekonomi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan di Universitas Pertahanan (Unhan) meraih nilai tertinggi dengan IPK 4,00 sehingga meraih predikat dengan pujian dan menjadi lulusan terbaik.

Hal itu terjadi setelah para Dosen Penguji Program Studi Ekonomi Pertahanan Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan mengapresiasi tesis yang dibuat Kolonel Cosmas Manukallo Danga dengan membuat Model Power Competition AS – China Perspektif Indonesia dengan Pendekatan Sistem.

Perwira lulusan Akmil 1997 yang lama bertugas di lingkungan Pasukan Pengamanan Presiden dan pernah ditugaskan ke manca negara, mengungkapkan rasa syukur atas pencapainnya. Bagi perwira yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Perencana Konstruksi Puskon Baranahan Kemhan ini, semua itu adalah anugerah Allah yang tidak pernah dibayangkannya, dikarenakan persaingan mahasiswa di Jurusan Program Studi Ekonomi Pertahanan terbilang ketat dan banyak yang pintar dan masih muda-muda.

“Saya sangat bersyukur kepada Allah atas anugerah-Nya, bisa lulus cepat dan menjadi mahasiswa yang mendapat nilai terbaik. Saya tidak mengejar nilai terbaik, tapi hanya memaksimalkan belajar dan sebagai mentor di kelas berusaha untuk memberi contoh yang baik, mengingat teman-teman juga cukup kompetitif,” kata Kolonel Cosmas, Selasa (12/2).

Selama kuliah di Universitas Pertahanan, Cosmas cukup aktif di berbagai kegiatan, dan terakhir dia bersama mahasiswa Unhan, Josua Hutagalung mengikuti pelatihan dari Tasrif Modelling Team dan membuat buku Systems Thinking Dynamics untuk Penelitian Pertahanan. Buku yang diedit Mayjen TNI Dr.Susilo Adi Purwantoro, Prof.Surachman Surjaatmaja, dan Dr.Sri Murtiana yang juga menjadi reviewer dan penguji sidang tesis Cosmas yang dibimbing oleh Prof.Banyu Perwita dan Dr.Lukman Yudho Prakoso.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.