Kualitas Informasi Cuaca BMKG Turut Sukseskan Program Transportasi Nasional

oleh
oleh
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan arahan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (25/4) di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Pusat. (Dok. Humas Kemenhub)

“Program Tol laut ini kan kita sasarkan ke tempat-tempat baru, yang tidak ada perdagangan, biasanya segala sesuatunya juga baru, bahkan informasi cuaca juga tidak ada. Dalam hal ini, BMKG bertugas tidak hanya memberikan informasi cuaca dan iklim, melainkan juga menjamin para nelayan dan pelaut dapat memperoleh informasi yang mendukung keselamatan pelayaran dan aktivitas produktif di lautan kita,” jelasnya.

Kedua, program konektivitas nasional. Saat ini Pemerintah telah memiliki 237 bandar udara untuk mendukung kelancaran transportasi udara. Dalam 5 tahun ke depan, Pemerintah berencana akan membangun menjadi 252 bandar udara. Untuk itu diminta agar BMKG meningkatkan kuantitas dan kualitas Stasiun Meteorologi Penerbangan, termasuk dilengkapi dengan sarana, prasarana dan SDM yang memadai agar penyebarluasan informasi cuaca menjangkau seluruh bandara tersebut.

Ketiga, program mitigasi bencana alam. Berdasarkan statistik BNPB tahun 2017, ancaman tanah longsor dan tsunami di Indonesia menempati peringkat 1 di dunia. Oleh karena itu, diminta BMKG meningkatkan jumlah Stasiun Geofisika yang tersebar di seluruh Indonesia dan jumlah stasiun pengamatan yang tersedia agar sebanding dengan jumlah risiko daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

Keempat, program kedaulatan pangan. Pemerintah telah menargetkan produksi padi 82 juta ton pada 2019, melalui pencetakan sawah baru seluas 1 juta ha, pembangunan kampung benih dan pembangunan irigasi. Untuk itu diharapkan BMKG dapat meningkatkan kuantitas dan kualutas Stasiun Klimatologi yang dapat memberikan layanan informasi iklim hingga mampu menjangkau seluruh kecamatan sebagai sentra pangan.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.