Kualitas Informasi Cuaca BMKG Turut Sukseskan Program Transportasi Nasional

oleh
oleh
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan arahan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (25/4) di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Pusat. (Dok. Humas Kemenhub)
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka menyukseskan Program Transportasi Nasional, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta BMKG memberikan dukungan berupa kualitas informasi cuaca dan iklim sehingga konektivitas antar wilayah dapat berjalan dengan selamat dan aman. Demikian disampaikan Menhub saat memberikan arahan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (25/4) di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub menjelaskan posisi geografis Indonesia yang terdiri dari 30% daratan dan 70 % lautan, dilalui oleh ring-of-fire sehingga berpotensi menimbulkan tsunami bila terjadi gempa dan berada di atas garis Khatulistiwa yang terkena secara langsung dampak gangguan cuaca dan iklim ektrim. Oleh karena itu Indonesia rentan terhadap bencana hidro-meteorologi dan bencana geologis.

banner 300x600

“Perubahan iklim yang sedang dan akan terjadi di Indonesia memberikan tantangan bagi BMKG dalam 5 tahun kedepan, yakni bagaimana agar informasi cuaca, iklim dan gempa bumi dapat mendukung keberhasilan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2015–2019,” jelasnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa beberapa program pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah memerlukan peran BMKG agar berjalan lancar. Pertama adalah program kelautan dan kemaritiman, di mana pemerintah akan membangun Tol Laut dengan target 24 Pelabuhan laut sebagai hub dan feeder, 60 pelabuhan penyeberangan, dan akan membangun 1000 kampung nelayan. Untuk mendukung program tersebut diharapkan BMKG juga meningkatkan kuantitas dan kualitas Stasiun Meteorologi Maritim dan Stasiun Meteorologi, agar informasi cuaca dan gelombang laut dapat dipancarkan secara luas.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.