Home / Artikel / Musrenbang : Musyawarahnya Keren Hasilnya Ngambang

Musrenbang : Musyawarahnya Keren Hasilnya Ngambang

Jakarta,sketsindonews – Musrenbang, “Musyawarahnya Keren Haasilnya Ngambang” sebuah anekdot yang kerap muncul di masyarkat karena sebuah usulan warga namun giliraannya hanya sekedar usulan hingga capaian realisasi tak di lakukan, ungkap Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna kepada sketsindonews.com.

“Kekecewaan karena musrenbang masih saja dalam usulan murni dalam karena formatnya tidak ada parameter terkait memecahkan problematika dengan kajian dan analisa yang mendalam sehingga menjadi benar prioritas.”

Kerap kali terjadi duplikasi program yang di paksakan, kadang masuk template saja bisa bubar (batal) untuk tidak dilakukan, pungkasnya.(7/2)

Perdebatan masyatakat dalam.usulan ini yang harus menjadi dasar bukan hal sudah tertera dalam kirka anggaran, padahal musyawarah yang ada untuk menghasilkan produk maksimal bukan batasan pada nilai value yang sudah tercatat.

Faktor lain, inventatisasi masalah menjadi prioritas yang harus dilakukan jenjang tingkatan yang harus di laksanakan, bukan bicara tahun depan.

Anggaran DKI Jakarta sangat besar jangan hanya berkisar pada sektor pembangunan fisik, tapi bagaiman porsi pembangunan hasilnya berdampak pada arah ekonomi warga Jakarta.

Memajukan lingkungan, tentunya membahagiakan warganya itukan misi Gubernur DKI Anies Baswedan yang hatus berdampak sosial maupun kultur berbasis pada lingkungan peningkatan ekonomi warga, terang Yayat.

Sementara Lembaga Pemantau dan Pemgawas Aparatur Daerah (LP2AD) Victor Irianto Napitupulu (VIN) mengatakan, program reses yang dilakukan dewan menjadi TL jangan lagi menjadikan peran SKPD berpengaruh terhadap hasil usulan musrenbang akhirnya ini berdampak pada usulan di masyarakat tidak di gelontorkan.

Musyawarah warga melalui mekanisme usulan “botten up” bisa menjadi kerangka bagi SKPD sehingga unit terkait membuat program benar – benar berdasarkan pada kebutuhan masyarakat, itulah tujuan musrenbang, ujar VIN.

reporter : nanorame

Check Also

Festival Olahraga Rakyat Laksanakan Pembinaan Potensi Lokal

Celotebangnano, Sketsindonews – Suku Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Jakarta Jakarta melalui Kasi Olahraga …

Watch Dragon ball super