Home / Berita / Nyook Awasi Pemilu, Bawaslu DKI Laksanakan MoU Bersama Perguruan Tinggi dan Ormas Sipil

Nyook Awasi Pemilu, Bawaslu DKI Laksanakan MoU Bersama Perguruan Tinggi dan Ormas Sipil

Jakarta, sketsindonews – Bawaslu DKI Jakarta lakukan penanda Tanganan Kerja Sama (MoU) dengan Perguruan Tinggi dan Organisasi Masyarkat Sipil se DKI Jakarta di Hotel Golden Boutique Jalan Gunung Sahari Raya Jakarta Pusat, kamis (27/10).

Sebelum acara dimulai penanda tanganan MoU nota kesepakatan bersama, lebih dulu acara di buka tarian oleh siswi SMK Negeri 57 Ragunan Jakarta pimpinan Ibu Eni yang menampilkan Tari Bajidor Kahot dan Gegot.

Sebanyak 25 Perguruan Tinggi, Organisasi Sipil, Purek/Rektorat, Dewan Pers sepakat dalam peran pengawasan partisipatif Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 mendatang.

Muhammad Jufri Divisi Penanganan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, menyatakan, bahwa penandatanganan kerja sama antara Bawaslu DKI dengan Perguruan Tinggi. Hal ini di sadari karena keterbatasan pengawasan pemilu.

“Kami perlu mengajak seluruh komponen dan stake holder di Jakarta dalam mengawasi pemilukada secara partisipatif oleh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya juga mengajak pengawasan TPS nantinya kita akan mengajak para mahasiswa untuk lebih berperan. Serta ditambahkannya bahwa relawan partisipatif bisa saja di lakukan di luar warga DKI sebagai pengawasan pemilu, namun bukan di TPS.

Sementara Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mima Susanti mengatakan, partisipasi masyarakat sesuai UU No.10 Tahun 2016 pasal 131 Tentang Pengawasan Partisipatif Tahapan Pilikada merupakan rentan kendali pengawas pemilu harus lebih maksimal, sehingga mengawal demokrasi tentunya melibatkan partisipasi lain dengan beberapa elemen masyarakat.

“Jangan malu laporkan saja mengenai laporan pelanggaran pemilu baik via email resmi Bawaslu DKI Jakarta,” himbaunya.

“Apalagi para mahasiswa menjadi garda kedepan melaporkan maka kami akan tindakan lanjuti sesuai perundangan pemilu,” ujarnya.

Dia juga mengajak peserta dengan mengucapkan “Nyook Awasi Tahapan Pemilu, Temukan Kejadiannya dan Laporkan Pelanggarannya,”

Secara bersamaan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DKI Jakarta Drs. Ratiyono menjelaskan, di harapkan pengawasan pemilu partisipatif di laksanakan para mahasiswa untuk nantinya lebih efektif, “dalam mencapai index demokrasi Jakarta dalam capaian lebih maksimal,” tandasnya. (Nr)

 

Check Also

Gak Ngelawan Tuh Penataan Jalan Juanda, di Harapkan Warga Menjaga Kawasan Tertib

Jakarta, sketsindonews – Gak ngelawan tuh pemilik bangunan liar dalam penataan kawasan kolong rel kereta …

Watch Dragon ball super