Pengajian Rutin Ar Rasyid, Mari Kita Doakan Kepulauan Seribu Aman Dari Bencana

Jakarta, sketsindonews – Pengajian rutin bulanan Majelis Taklim Ar Rasyid ke-11 akan digelar pada hari Rabu,16 Januari 2019 yang akan bertempat di Masjid AL-Makmuriyah Pulau Pramuka Kepulauan Seribu dengan penceramah KH.Syaiful Mujab MA Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kegiatan ini akan mengagendakan pembacaan doa tolak bencana bagi warga di Kepulauan Seribu.

Dalam keterangan Ketua FKDM Provinsi DKI Jakarta M Rico Sinaga menuturkan, “Doa khusus tolak bencana di selenggarakan mengingat wilayah Kepulauan Seribu merupakan wilayah rawan tsunami. Karena selain rata-rata pulau di wilayah itu hanya memiliki tinggi dua meter di atas permukaan laut, juga karena pulau-pulau di wilayah itu tidak memiliki dataran tinggi,” kata Rico.(14/1)

Diketahui bencana tsunami yang menerjang pesisir Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang, Provinsi Banten serta pesisir Lampung Selatan pada 22 Desember 2018 yang lalu dipicu longsoran di Gunung Anak Krakatau.

Ini tentunya juga membuat traumatik warga di Kepulauan Seribu khawatir bisa saja itu terjadi, apalagi karena saat gunung itu meletus dengan hebat pada 26 Desember 2018 dan melontarkan abu vulkanik setinggi 5.500 kaki ke arah barat daya dan 1.800 kaki ke arah timur, sebaran abu vulkaniknya tak hanya jatuh di Serang dan Cilegon, tapi juga di wilayah Kepulauan Seribu. 

Sisi lalin Anak Karakatau itu dengan Kepulauan seribu tidak jauh hanya berkisaran 100 KM.

“Karena itu untuk pengajian bulanan Ar Rasyid kita sisipi secara khusus di agenda pembacaan doa tolak bencana dengan harapan, semoga dengan dibacakannya doa tersebut, wilayah Kepulauan Seribu aman dan terbebas dari tsunami,” ujar Rico. 

Seperti diketahui, Majelis Taklim Ar Rasyid didirikan oleh FKDM DKI Jakarta pada Maret 2016 telah menjadi rutinitas bagi peran pejabat bersama tokoh agama, kader FKDM dalam membangun komunikasi proteksi Jakarta baik deteksi keamanan ibukota baik secara politik sosial dan peran partisipatif warga Jakarta dalam antisipasinya bencana.

Saat peresmian yang juga sekaligus menjadi pengajian bulanan pertama, diselenggarakan di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta di Taman Surapati, Menteng, Jakarta Pusat, dan dihadiri oleh Gubernur Anies Baswedan. 

Ketua Majelis T’lim Ar Rasyid, KH Salim Tohir mengatakan, sebagai organisasi yang bergerak di bidang keagamaan, masalah bencana dan keselamatan umat termasuk masalah yang menjadi perhatian majelis talim pimpinannya. 

“Karena itu, menyadari rawannya warga Kepulauan Seribu terhadap bahaya tsunami, kita bacakan doa agar warga di sana terbebas dari berbagai bencana, termasuk tsunami,” tutup Salim.

reporter : nanorame