Pindah Ibu Kota, Petani Di Kalimantan Dukung Gagasan Mentan Amran

oleh
oleh
Petani di Suka Tani, Cikarang, Jawa Barat Sedang Panen. (Foto: eky/sketsindonews.com)
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Gagasan Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiaman untuk menjadikan Ibu Kota Kalimantan Timur sebagai pulau mandiri berbasis ketersediaan pangan disambut baik oleh para petani di seluruh Kalimantan. Menurut mereka, gagasan tersebut merupakan konsep hijau yang selama ini perlu direalisasikan.

“Jelas ini adalah ide yang sangat bagus sekali ya, karena mendapat dukungan dari seluruh petani di Kalimantan. Bahkan, ketika kami ngobrol sama mereka (petani), konsep ini bahkan dinilai bisa membawa kaltim menjadi wilayah lumbung pangan nsional,” ujar Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kalimantan, Uri Dharma Putra, Kamis (5/9/19).

banner 300x600

Menurut Uri, dukungan ini mengalir deras dari para petani yang tersebar di seluruh Provinsi Kalimantan. Mereka bahkan siap menjadikan wilayah tempat tinggalnya sebagai clauster komoditas hijau hortikultura, peternakan serta program Upsus Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale).

“Kebetulan akhir-akhir ini KTNA bergerak terus ke Poktan dan Gapoktan di Kalimantan. Kami bilang bahwa jarak ibu kota dengan tempat tinggal kita hanya beberapa kilo saja. Jadi sebaiknya kita bergerak dari sekarang untuk membuat clauster komoditas pangan agar kota ini mandiri,” katanya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.