Home / Berita / Survival Didik Air Crew Hadapi Accident
Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb. Bonang Bayuaji G.mewakili Komandan Lanud Adisutjipto saat menyematkan tanda peserta latihan kepada perwakilan siswa yang akan akan melaksanakan latihan survival pada upacara pelepasan Ltihan survival di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Survival Didik Air Crew Hadapi Accident

Yogyakarta, sketsindonews – Survival Dasar adalah salah satu bagian dari serangkaian proses pendidikan Sekolah Penerbang dan merupakan tahapan akhir dari kegiatan Ground School, sebelum para siswa melaksanakan praktek terbang yang sesungguhnya, Demikian Sambutan Komandan Lanud Adisutjipto Marsma Ir. Novyan Samyoga, M.M yang dibacakan Danwingdikterbang Kolonel Pnb. Bonang Bayuaji G. Senin (14/11), bertempat di Lapangan Jupiters Lanud Adisutjipto.

Lebih lanjut Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan bahwa setiap tahapan yang diberikan kepada para siswa harus dapat dilaksanakan dengan baik dan harus lulus, karena berhasil dan tidaknya siswa dalam mengikuti latihan ini, akan sangat menentukan langkah siswa ke jenjang pendidikan berikutnya.

Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb. Bonang Bayuaji G., didampingi Komandan Skadik 104 selaku Komandan Latihan Survival Letkol Pnb Safeano Cahyo, saat mengecek kesiapan peserta latihan yang akan melaksanakan Latihan survival, usai upacara pelepasan di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto. (Dok. Pentak Lanid Adisutjipto)
Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb. Bonang Bayuaji G., didampingi Komandan Skadik 104 selaku Komandan Latihan Survival Letkol Pnb Safeano Cahyo, saat mengecek kesiapan peserta latihan yang akan melaksanakan Latihan survival, usai upacara pelepasan di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto. (Dok. Pentak Lanid Adisutjipto)

Adapun maksud dan tujuan dari Latihan Survival Dasar ini adalah untuk membekali para calon Air Crew tentang pengetahuan dan ketrampilan dasar yang berkaitan dengan kemampuan seorang Air Crew. Kegiatan ini akan melatih bagaimana seseorang bisa mempertahankan hidup di darat maupun di air, karena suatu Accident  penerbangan. Selain itu juga memberikan wawasan yang lebih luas tentang bagaimana para siswa mampu memanfaatkan berbagai potensi dan kekayaan alam yang ada di sekitar kita dalam mempertahankan hidup, sehingga mendapatkan bantuan dan pertolongan dari pihak luar.

“Inilah inti dari pelaksanaan kegiatan Latihan Survival Dasar yang akan para siswa laksanakan,” imbuhnya.

Sementara Komandan Skadik 104 selaku Komandan Latihan Survival Letkol Pnb Safeano Cahyo menjelaskan bahwa Latihan Survival Dasar dimaksudkan untuk melatih para siswa Sekbang  agar mampu menghadapi keadaan darurat yang sewaktu-waktu terjadi accident  pada saat melaksanakan tugas penerbangan.

Letkol Pnb Safeano Cahyo menambahkan bahwa Latihan Survival Dasar ini diikuti 50 siswa Sekbang A-93, dan sesuai jadwal akan dilaksanakan dari tanggal 16 November sampai dengan 24 November2016, bertempat di JAZ Aero Wisata Lanud Adisutjipto dilanjut ke daerah Gombong serta Lanud Wirasaba.

Upacara Pembukaan Latihan Survival Dasar tersebut diikuti seluruh anggota militer dan PNS Lanud Adisutjipto, serta para siswa Sekbang, dengan Inspektur Upacara   Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb. Bonang Bayuaji mewakili Komandan Lanud Adisutjipto. (Kumara)

Check Also

Mayor Kes DR Klara Sinabutar, SP.KP., Jabatan Kakes Kohanudnas

Jakarta, sketsindonews – Panglima Komando Pertahanan Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., menyaksikan penandatanganan …

Watch Dragon ball super