Urgensi sosialisasi Pelatihan “MILITARY HUMAN FACTOR”

oleh
oleh
banner 970x250

Opini, sketsindonews – Merujuk pada fakta dan data di dunia, ternyata banyak kejadian kecelakaan atau insiden ( accident/ incident ) yang disebabkan oleh faktor manusia, baik di lingkungan sipil maupun militer. Padahal saat ini arti keselamatan prajurit menjadi sangat penting, baik saat mengikuti pendidikan maupun saat menjalankan tugas – tugas operasi. Prajurit yang memiliki keberanian memang penting, tapi keberanian saja tidaklah cukup karena aspek keselamatan menjadi isu strategis penting dalam kemiliteran saat ini di dunia.

Oleh karena itu pelatihan dan sosialisasi Military Human Factors menjadi sangat penting karena dapat meningkatkan pemahaman dan penjelasan mengenai efektivitas sistem kinerja personil militer sebagai seorang manusia. Banyak hal yang dibahas, seperti kapabilitas manusia, kinerja fisik dan kognitif, kemampuan bertahan dan berlindung, dan sebagainya. Penggabungan senjata, computer, teknologi, software dan manusia akan menghasilkan Sistem Kecerdasan Militer ( Military Intelligent System ) yang mampu memecahkan berbagai persoalan yang kompleks dalam dunia riil kemiliteran saat ini.

banner 300x600

Sebagaimana diketahui bahwa militer di berbagai negara maju saat ini memiliki perhatian dalam keselamatan personil militer. Banyak penelitian yang dilakukan oleh militer dan bekerjasama dengan berbagai institusi riset terkemuka untuk meningkatkan aspek – aspek keselamatan dengan meminimalisir kemungkinan terjadinya Human Error, baik saat mengikuti pendidikan militer, melaksanakan tugas – tugas operasi dan berbagai kegiatan rutin lainnya, baik di lingkungan militer atau di luar lingkungan militer. Unik dan menarik bila kita mau mempelajari masalah manusia di lingkungan militer untuk meningkatkan keselamatan dan meningkatkan kinerjanya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.