Home / Traveling / Bendungan Sapon Nan Legendaris

Bendungan Sapon Nan Legendaris

Yogyakarta, sketsindonews – Bendungan Sapon Membentang di aliran sungai Progo di antara desa Srandakan, Bantul di sebelah timur dan Brosot, Kulonprogo di sebelah barat.

Di lokasi terdapat area outbond dan taman bendungan yang lumayan bagus, sayang dalam kondisi kotor dan tidak terawat. Teduh untuk memancing siang hari – sore dan cukup nyaman untuk memancing malam hari.

Baca: Gejlig Plambongan, Surga Para Pemancing

Perbedaan dengan Gejlig Plambongan terletak pada arah aliran airnya.
Jika gejlig plambongan pintu air mengarah ke timur untuk irigasi pertanian di wilayah Bantul dan sekitarnya maka Bendungan Sapon ini pintu air mengarah ke barat untuk irigasi pertanian di wilayah Brosot dan sekitarnya (kulonprogo).

Potensi ikan lumayan lengkap mengingat lokasinya sangat luas dan berdekatan dengan Muara pantai Trisik, tentunya bisa diperkirakan habitat ikan di lokasi ini sangat beragam.

Cerita cerita bernuansa mistik juga bermunculan di bendungan yang satu ini. Beredar khabar kalau bendungan ini berada di wilayah jalan ghoib untuk melintas Kanjeng Ratu kidul untuk menuju ke Gunung Merapi.

“Saat itu pas malam jumat kliwon saya sedang memancing di bendungan ini mass, sekira pukul 01 dini hari saya mendengar gemerincing klintingan, saya menoleh dan betapa terkejutnya saat lihat kereta kencana yang di kendarai putri cantik berpakaian hijau dan bermahkota nan anggun, di kawal 7 penunggang kuda yang kesemuanya perempuan perempuan cantik,” papar herman saat di temui sketsindonews.com, selasa (04/10).

Menurut Agus Wardoyo penjaga bendungan mengungkapkan, bahwa ditempat tersebut sering terlihat penampakan.

“Ini memang begitu mas, saya sering melihat penampakan yang aneh aneh, pernah saya di mintai rokok sama kakek kakek, begitu saya kasih dan saya nyalakan rokonya pake korek, wujudnya sudah ga ada tinggal kelihatan rokoknya,” ujarnya.

“Bendungan ini memang angker, jadi berhati hatilah bagi para penghobi mancing di malam hari,” pungkas Wardoyo. (Minar Yudhie)

Check Also

Tiga Pantai Di Ambon Yang Akan Memanjakan Mata Anda, Fotografer Pasti Suka

Ambon, sketsindonews – Mengunjungi ibu kota Maluku yakni Ambon kita akan dihadapkan dengan berbagai hal …

Watch Dragon ball super