Gelar Prajurit Kraton Jadi Atraksi Wisata

oleh
oleh

Sementara dalam kesempatan yang sama Aji Kumala salah seorang pegiat budaya dari Lembaga Pelestari Budaya Nusantara (LPBN) Yogyakarta mengemukakan bahwa keberadaan bergodo prajurit kraton Yogykarta sangat erat denganh perjuangan dan keberadaan kraton.

“Nama nama bergodo prajurit dijadikan nama kampong yang ada di berbagai tempat di Yogyakarta yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, misalnya kampong Bugisan yakni sebuah kampong yang dahulunya dihuni oleh para prajurit kraton Yogyakarta yang berasal dari daerah  Bugis  Sulawesi Selatan, hal hal yang menarik seperti inilah yang menjadi tambahan keunikan bagi pesona budaya Yogyakarta,” terangnya.

Ditambahkan pula bahwa saat ini para bergodo prajurit tersebut tetap melaksanakan tugasnya dalam lingkup kraton, terutama dalam berbagai peristiwa penting di kraton Yogyakarta.

Salah seorang wisatawan yang menyaksikan gelar prajurit tersebut yakni Destiana dari Jakarta mengemukakan bahwa dirinya baru mengetahui bahwa para prajurit kraton melakukan aba aba dalam bahasa Jawa.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.