Home / Traveling / Gelar Prajurit Kraton Jadi Atraksi Wisata

Gelar Prajurit Kraton Jadi Atraksi Wisata

Yogyakarta, sketsindonews – Kelompok prajurit kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang dikenal dengan sebutan Bergodo Prajurit  melakukan gelar kesiapsiagaan yang bertitel Geloar bergodo Prajurit Kraton menjadi sebuah atraksi yangt menarik untuk dunia kepariwisataan di Yogyakarta. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya penonton yangt menyaksikan gelar bergodo prajurit Kraton tersebut pada Minggu (27/11) di Alun Alun Selatan Kraton Yogyakarta.

Kesepuluh Bergodo Prajurit kraton yakni Bergodo Ketanggung, Nyutra, Prawirotomo, Mantri Jero, Jogokariyo, Patang puluh, Daeng, Surakarso, dan Bugis berbaris rapi dalam kesatuan masing masing  di Alunj alun selatan setelah melakukan parade.

Dalam kesempatan tersebut para prajurit bergodo Kraton melakukan kesiapsiagaan dengan berbagai perintah yang dilakukan dalam bahasa Jawa, yang kemudian dilanjutkan dengan arahan dari komendan prajurit yang dilakukan pula dalam bahasa Jawa. Kebanyakan para prajurit tersebut terlihat tidak muda lagi tetapi di dominasi olah orang orang yang terlihat tua.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata DIY Ir Aris Riyanto dalam sambutannya mengemukakan bahwa keberadaan bergodo prajurit dalam perjalanan kraton tidaklah bisa dipisahkan.

“Keberadaan bergodo prajurit merupakan bagian penting dalam eksistensi kraton karena para prajurit inilah yang menjaga kraton hingga tetap eksis sampai saat ini, oleh karena itu  pemrintah memberi perhatian khusus kepada keberadaan para prajurit tersebut,” ujarnya.

Akan halnya prosesi gelar bergodo  Aris menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh para prajurit kraton ini memiliki nilai yang tinggi, juga menjadi sangat menarik karena dilakukan dalam bahasa Jawa.

“Prosesi  yang menggunakan bahasa Jawa ini menjadi sangat unik dan menarik sehingga kedepan pemerintah melalui Dinas Pariwisata nakan menjadikan prosesi gelar bergodo ini menjadi sebuah atraksi wisata yang sangat bernilai, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta akan mendapat pengalaman dan pengetahuan yang semakin menarik dengan adanya gelar bergodo ini,” ujar Aris .

Aris juga menambahkan bahwa potensi unik dan antic dalam khasanah budaya sangat banyak ditemukan di Yogyakarta oleh karena itu potensi ini akan diangkat oleh pemerintah untuk bias menjadi sebuah atraksi dan kunjungan wisata para wisatawan.

Sementara dalam kesempatan yang sama Aji Kumala salah seorang pegiat budaya dari Lembaga Pelestari Budaya Nusantara (LPBN) Yogyakarta mengemukakan bahwa keberadaan bergodo prajurit kraton Yogykarta sangat erat denganh perjuangan dan keberadaan kraton.

“Nama nama bergodo prajurit dijadikan nama kampong yang ada di berbagai tempat di Yogyakarta yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, misalnya kampong Bugisan yakni sebuah kampong yang dahulunya dihuni oleh para prajurit kraton Yogyakarta yang berasal dari daerah  Bugis  Sulawesi Selatan, hal hal yang menarik seperti inilah yang menjadi tambahan keunikan bagi pesona budaya Yogyakarta,” terangnya.

Ditambahkan pula bahwa saat ini para bergodo prajurit tersebut tetap melaksanakan tugasnya dalam lingkup kraton, terutama dalam berbagai peristiwa penting di kraton Yogyakarta.

Salah seorang wisatawan yang menyaksikan gelar prajurit tersebut yakni Destiana dari Jakarta mengemukakan bahwa dirinya baru mengetahui bahwa para prajurit kraton melakukan aba aba dalam bahasa Jawa.

“Dengan kostum tradisional dan perintah dalam bahasa jawa terlihat unik dan menarik sehingga memancing rasa ingin tahu tentang bergodo prajurit kraton, dan hal ini menjadi tontonan yang menarik dan bermanfaat memeprluas wawasan,” ujarnya sambil mengambil foto para prajurit tersebut. (Kumara/Dwi)

Check Also

Tiga Pantai Di Ambon Yang Akan Memanjakan Mata Anda, Fotografer Pasti Suka

Ambon, sketsindonews – Mengunjungi ibu kota Maluku yakni Ambon kita akan dihadapkan dengan berbagai hal …

Watch Dragon ball super