Gelar Prajurit Kraton Jadi Atraksi Wisata

oleh
oleh

Yogyakarta, sketsindonews – Kelompok prajurit kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang dikenal dengan sebutan Bergodo Prajurit  melakukan gelar kesiapsiagaan yang bertitel Geloar bergodo Prajurit Kraton menjadi sebuah atraksi yangt menarik untuk dunia kepariwisataan di Yogyakarta. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya penonton yangt menyaksikan gelar bergodo prajurit Kraton tersebut pada Minggu (27/11) di Alun Alun Selatan Kraton Yogyakarta.

Kesepuluh Bergodo Prajurit kraton yakni Bergodo Ketanggung, Nyutra, Prawirotomo, Mantri Jero, Jogokariyo, Patang puluh, Daeng, Surakarso, dan Bugis berbaris rapi dalam kesatuan masing masing  di Alunj alun selatan setelah melakukan parade.

Dalam kesempatan tersebut para prajurit bergodo Kraton melakukan kesiapsiagaan dengan berbagai perintah yang dilakukan dalam bahasa Jawa, yang kemudian dilanjutkan dengan arahan dari komendan prajurit yang dilakukan pula dalam bahasa Jawa. Kebanyakan para prajurit tersebut terlihat tidak muda lagi tetapi di dominasi olah orang orang yang terlihat tua.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata DIY Ir Aris Riyanto dalam sambutannya mengemukakan bahwa keberadaan bergodo prajurit dalam perjalanan kraton tidaklah bisa dipisahkan.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.