Guru Mau Rapat, Kok Siswa Dipulangkan? (Catatan Hari Guru)

oleh
oleh

Semua paham, persoalan guru memang tidak sederhana. Tapi juga tidak terlalu kompleks. Isu penting guru di era digital atau media sosial seperti sekarang, sejatinya hanya bertumpu pada 3 (tiga) aspek penting. Yaitu 1) guru harus terus-menerus meningkatkan pengetahuan yang terbarukan, sesuai disiplin ilmunya, 2) guru harus semakin terampil dalam mengelola siswa dan kelas, dan 3) guru yang punya “good attitude”, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Sehingga guru tetap mampu menjaga kompetensi personal yang memadai, di samping kualitas pembelajaran yang sesuai tuntutan zaman.

Guru, jangan asyik dengan dirinya sendiri. Hari ini, masih banyak guru yang “tidak mau” mengembangkan diri untuk menambah pengetahuan dan kompetensinya dalam mengajar. Keterampilan pedagogik-nya masih begitu-begitu saja. Guru-guru yang belum mau menulis, belum mau membuat artikel ilmiah yang dipublikasikan, sehingga tidak inovatif dalam kegiatan belajar. Guru yang merasa hanya cukup mengisi jam belajar.

Maka agenda besar guru di hari guru. Adalah menyadari bahwa guru jangan lagi egois dan arogan. Agar guru tetap digugu dan ditiru. Dan mampu menghasilkan peserta didik yang unggul dan kompetitif di masa datang. Selamat Hari Guru!

No More Posts Available.

No more pages to load.