Home / Artikel / HPSN 2019: Pemerintah Kepulauan 1000 Harus Miliki TPA Berbasis Lingkungan

HPSN 2019: Pemerintah Kepulauan 1000 Harus Miliki TPA Berbasis Lingkungan

Jakarta, sketsindonews – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu dalam rangka hari Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 lakukan pembersihan sampah baik di darat dan di laut kawasan pulau Pramuka.

Mengawali kegiatan sebelumnya dilakukan apel bersama di halaman Kantor Bupati yang dihadiri para ASN, penggerak Lingkungan dan warga masyarakat Kepulauan Pramuka. (4/3)

Dalam keterangan rilisnya kepada sketsindonews.com Bupati Kepulauan Seribu Seribu Husein Murad menyatakan, kegiatan ini dalam rangka hari HPSN 2019, namun persoalan sampah pihaknya sudah jauh hari melakukan pembersihan sampah baik pinggiran laut pesisir pantai dan dermaga, tuturnya.

Dalam cakupan aksi tercatat pembersihan sampah laut mencapai 27 Kg, sampah organik 107 Kg sementara sampah gelas dan botol plastik 2,5 Kg dengan total di Kepulauan Pramuka berjumlah 267 Kg.

Sambung Murad, Satu hal yang menjadi pemikiran pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, menata kawasan sampah dengan gerakan swakola sampah terintegrasi adalah upaya mengurangi volume sampah di Kepulauan seribu.

Saat ini pembuangan sampah akhir masih diangkut ke Bantar Gebang dengan Kapal menuju Bantar Gebang dengan proses waktu yang panjang, jelas Husein.

“Lokasi lahan di Kepulauan masih cukup memadai bagi pembentukan TPS ramah lingkungan untuk kita ciptakan berbasis tekhnologi seperti komposter di lahan pertanian terintegrasi di pulau payung sebagai contoh.

Kedepannya pelaksanaan model TPS swakola Kepulauan Seribu bisa terkosentrasi dan mandiri yakni dengan membangun TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Ini satu cara mengatasi problematika persoalan mengurangi sampah DKI Jakarta.

Tentunya dengan cara mengurangi beban sampah antar pulau dengan waktu singkat serta tranportasi sampah antar pulau menuju kawasan TPA di Kepulauan, terang Husein.

nanorame

Check Also

Camat Senen : Menata Senen Seiring Karakteristik Potensi Iconic Wilayah

Jakarta, sketsindonews – Konsep penertiban secara perlahan akan kami tinggalkan dengan cara pendekatan humanistik yakni …

Watch Dragon ball super