Home / Berita / Melalui Press Tour, Kadispenau Nostalgia Bersama Simulator

Melalui Press Tour, Kadispenau Nostalgia Bersama Simulator

Yogyakarta, sketsindonews – Sebanyak  25 jurnalis dari berbagai media massa baik cetak, elektronik maupun online dari Jakarta mengunjungi Lanud Adisutjipto dalam rangkaian acara Press Tour yang diselenggarakan oleh Mabesau, Jumat, 31/3.

[caption id="attachment_10271" align="aligncenter" width="300"] Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, saat menyampaikan keterangan pers terkait lawatanya dalam acara Press Tour , di Lanud Adisutjipto, Jumat, (31/3). (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Kegiatan  press tour di Lanud Adisutjipto dipimpin langsung oleh Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, yang didampingi Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Bintang Yudianta, Kamuspusdirla Kolonel Sus Thaibur Rahman, dan Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto.

[caption id="attachment_10272" align="aligncenter" width="300"] Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya saat mencoba simulator Skadik 104 Lanud Adisutjipto, didampingi tehnisi pesawat grob. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Kunjungan yang diawali ke Denhanud 474 Paskhas tersebut, rombongan wartawan diberikan kesempatan untuk melihat kemampuan alutsista yang menjadi kebanggaan baret jingga. Usai dari Paskhas, para wartawan juga mengunjungi simulator pesawat Grob Skadik 104 yang selama ini dipakai untuk siswa sekbang secara teori.

[caption id="attachment_10279" align="aligncenter" width="300"] Komandan Lanud Adisutjipto, saat diwawancarai dengan TV One terkait dengan persiapan The Jupiter tampil di HUT TNI AU Ke 71, mendatang, bertempat di depan Base Ops Lanud Adi. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Selama di Simulator Skadik 104, Kadispenau merasakan bernostalgia saat menjadi siswa sekbang, bahkan ketika mencoba meragakan simulator, seakan-akan menjadi siswa  kembali saat beberapa tahun yang lalu. Ketika menceritakan masa lalunya itu, kadispen mendapatkan applause dari para wartawan sehingga merubah suasana haru menjadi penuh tawa.

[caption id="attachment_10273" align="aligncenter" width="300"] Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya foto bersama rombongan wartawan di shelter pesawat yang digunakan jupiter aeorobatik team. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipo)[/caption]

Usai dari Simulator mengunjungi Shelter KT 1B Woong Bee, Jupiters Ops dan  Air Power Lounge di Wingdikterbang, dilanjutkan ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, para wartawan diajak melihat ratusan koleksi pesawat tempo dulu. Kunjungan tersebut diakhiri dengan menyaksikan atraksi The Jupiters, dan peswat grob dalam latihanya persiapan HUT TNI AU ke-71 yang membentuk angka 71.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto menyampaikan bahwa Diujung kunjungan tersebut Kadispenau memberikan keterangan Pers kepada wartawan terkait dengan lawatannya dalam acara yang dikemas dengan Press Tour tersebut, kebeberapa satuan TNI AU.

[caption id="attachment_10276" align="aligncenter" width="300"] Rombongan wartawan saat mengunjungi Denhanud 474 Paskhas, diterima oleh Kapten Pas Hengky. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Menurutnya, Kadispenau menyampaikan bahwa dengan adanya Pres Tour ini bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegitan operasi dan latihan yang dilaksankan oleh TNI AU, dan pesawat-pesawat apa saja yang digunakan, serta bagaimana kondisi dan kebutuhan yang diinginkan dalam menjalankan tugas pokok TNI AU dalam menjaga kedaulatan wilayah Negara di udara.

[caption id="attachment_10275" align="aligncenter" width="300"] Para wartawan saat menyaksikan dan meliput atraksi pesawat grob membentuk formasi 71 dan jupiter aorabatik team, di Base Ops Lanud Adisutjipto. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Dengan keterbatasan alutsista TNI AU, Kadispen berharap bahwa, kedepan akan ada dukungan  alutsista yang  modern yang  memenuhi kriteria ideal. Sehingga TNI AU akan lebih bisa memenuhi tuntutan tugas yang lebih profesional.

Rombongan dari Mabesau yang dipimpin Asops Kasau Marsda TNI Barhim, selain melaksanakan kegiatan Press Tour, juga dilaksanakan ceramah sosialisasi Zero accident yang disampaikan oleh Aslog Kasau, Kadislambangja, Kadisminpers dan Kadis Psikologi, kepada seluruh Instruktur Penerbang, siswa sekbang dan anggota Lanud Adisutjipto, bertempat di Wisma Adi.

Kegiatan yang dilaksanakan berbarengan dengan safari sosialisasi operasi Zero Accident ini sebelumnya juga telah mengunjungi pangkalan TNI AU Sultan Hasanudin Makasar, Lanud Abdurrahman Saleh Malang, Lanud Iswahyudi Madiun dan terakhir di Lanud Adisutjipto.

Reporter: Kumara

Check Also

SBY WO Saat Deklarasi Kampanye Damai, Protes KPU Atribut Partai Dukungan

Jakarta, sketsindonews – Acara kampanye deklarasi pemilu damai yang di gelar KPU Nasional dalam rangka mendukung sukses penyelenggaraan pemilu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggalkan lapangan Monas saat acara dimulai.

“Nggak ada, jangan lebay lah,” kata Budi di Monas, Jakarta Pusat, ujar Budi Arie Ketua Projo.

Pokoknya itu tidak benar Budi nyarakan, tidak ada provokasi dari pihaknya. Dia memastikan relawannya hanya melakukan deklarasi damai.

deklarasi.kampanye.damai.thamrin.doc

“Nggak ada provokasi, ini kan kampanye damai,” sebutnya.

Sebelumnya, SBY WO karena merasa diperlakukan tidak adil. SBY WO bersama Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono pergi di tengah acara.

 

Ada juga atribut partai pendukung pro-Jokowi yang diprotes SBY. Presiden RI ke-6 itu pun akan melayangkan protes resmi ke KPU.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,”

Karena merasa aturan tidak ditegakkan, SBY yang kebetulan bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kemudian meninggalkan acara. SBY akan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,” jelasnya

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat Hinca merasa pihak KPU telah melanggar aturan yang dibuat oleh lembaga itu sendiri. Yakni terkait tak adanya atribut partai yang dibawa saat acara deklarasi digelar.

“Partai Demokrat protes keras, Pak SBY juga turun dari barisan karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati,” kata Hinca.

SBY pun kemudian menitipkan Partai Demokrat dan Kader yang masih di lokasi kepada Hinca untuk dihandle hingga acara selesai berlangsung. Namun pihaknya belum sempat ikut tanda tangan deklarasi.

“Iya beliau pun langsung titip ke saya selaku Sekjen,” katanya.

Pantauan di lokasi memang ada sejumlah bendera parpol di acara deklarasi tersebut. Padahal menurut PD acara ini harusnya bebas atribut dari partai politik.(nr)

Terkait

Watch Dragon ball super