Luka Terus Menyala Discripsi Ramadhan

oleh
oleh

3. Konflik dan pertengangan antar individu atau kelompok juga tak terhindari dalam masyarakat. Rasa marah bahkan benci kadang lahir akibat pertentangan itu. Namun dalam kemarahan atau kebencian, tetaplah kita diminta melakukan apapun secara adil. Begitu kuatnya konsep hidup dalam Islam yang mengutamakan keadilan.

Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. (Q.5: 8)

4. Dalam hubungan antar individu atau kelompok, tersedia ruang publik tempat mereka berinteraksi. Itu yang diutamakan: tolong menolong dalam kebajikan. Bukan tolong menolong yang membuat kerusakan.

Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa. Jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. (Q.5: 2)

5. Keberagaman dalam agama, ideologi, pandangan hidup, pemikiran apalagi tafsir terhadap apapun tak terhindari. Yang utama dari manusia pada akhirnya bukan ia berada dalam kelompok identitas yang mana. Yang akhirnya menentukan adalah kesalehan mereka.

Kesalehan ini bisa didefinisikan dengan prilaku yang terus menghindar dari keburukan, berupaya selalu mengerjakan kebajikan dan hal yang bermanfaat. Prilaku saleh itu potensial dilakukan oleh siapapun, apapun agama formalnya.

Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (diantara mereka) yang benar-benar saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.(Q. 5: 69)

6. Setiap komunitas dan kelompok identitas selalu hadir spektrum. Baik di agama lain, ataupun Islam, selalu ada mereka yang saleh, yang moderat, atau yang buruk. Kondisi individu tak bisa digeneralisasi (stereotype berdasarkan kondisi kelompok identitasnya)

Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan (Al Quran) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka. Diantara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka.

Denny JA

reporter : nanorame

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.