Home / Artikel / Masa Tenang Kampanye Sembako Banyak Beredar di Masyarakat

Masa Tenang Kampanye Sembako Banyak Beredar di Masyarakat

Jakarta, sketsindonews
Dalam masa tenang kampanye dari tanggal 16-18 April 2017. Panwaskota Jakarta Timur, telah melakukan penindakan berupa penertiban ratusan alat peraga kampanye baik yg tidak sesuai dengan aturan dan spanduk provokatif.

Menurut Ketua Panwascam Jakarta Timur Sakhroji menyatakan, kejadian ini terjadi pada tanggal 16 April 2017 malam. Panwaskota dan jajaran pengawas dibawahanya telah melakukan tangkap tangam terharap oknum relawan yg diduga terindikasi sebagai relawan salah satu, dinyatakan dari salah satu paslon berupa paket sembako yang akan dibagikan kepada warga DKI Jakarta pada masa tenang kampanye ini, ujarnya. (17-04-2017)

Dalam penyisirannya paket sembako yang berhasil diamankan yaitu, tanggal 16 April 2017, sekitar pukul 21.45 di wilayah Kec. Ciracas, Lokasi Jl. H. Saibun, Kel. Suskukan, Kec. Ciracas ditemukan dan diamankan berupa 6 karung paket sembako yg siap untuk dibagikan, paket sembako tersebut saat ini diamankan di kantor Panwaskota Jaktim.

Kemudian tanggal 16 April 2017, sekitar jam 23.30 di wilayah Cakung Lokasi sekitar Kayu Tinggi RT.08/RW.08, Kel. Cakung Timur, ditemukan dan diamankan berupa 169 karung sembako atau sekitar 845 paket yg berisi beras, minyak goreng dan gula pasir. Paket sembako tersebut saat ini sudah diamankan dan dititipkan di kantor Polsek Cakung.

Sekitar Duren Sawit tadi malam juga ada info pembagian tetapi setelah kita kejar ternyata sudah membubarkan diri dan barang buktinya sdh tdk ada.

Sakhroji berharap dengan diketemukan indikasi money politik secara masif panwaskota Jakarta Timur menghimbau kepada semua Tim Kampanye Paslon 2 dan Paslon 3 untuk sama-sama menyampaikan himbauan kepada jajaran relawan dan simpatisan ditingkat bawahnya utk saling menjaga kondusifitas ketentraman dan keamanan masa tenang kampanye dan tidak membagikan sembako atau melakukan kampanye, tegasnya.

Kami Panwaskota Jaktim akan bertindak tegas utk menjaga PilGub DKI Jakarta 2017 berjalan sesuai atauran PerUndang-Undangan.

Dilain pihak Rini Rianti, Ketua Panwascam Kelapa Gading, mengatakan kegiatan yang ditemukan pihaknya berupa pembagian sembako murah terhadap warga. Menurutnya, kegiatan tersebut tanpa dilampiri surat pemberitahuan.

Ada beberapa lokasi di wilayah Kelapa Gading Timur yang disebutnya terjadi kegiatan tersebut yang diduga dilakukan oleh salah satu pasangan calon. Meskipun ada yang sudah didistribusikan kepada warga namun tak sedikit yang berhasil ditunda pembagiannya.

“Kita dapat laporan dari warga ada penjualan sembako murah kita datang kesana, separo sudah didistribusikan karena masalahnya kita tahunya harus ada surat pemberitahuan, saya sempat menghentikan, mereka bilang ada surat tapi belum bisa menunjukkan surat pemberitahuan,” katanya saat ditemui Poskotanews di Kantor Panwaslu, Jakarta Utara, Minggu, (16/4/2017).

Dalam kasus ini penanggungjawab kegiatan, lanjutnya, baru bisa memberikan surat pemberitahuan pada sore harinya. “Saya nggak tahu apakah setelah saya pergi dibagikan lagi,” imbuh Rini.

Pembagian sembako murah tersebut dibagikan di tiga lokasi pada Sabtu, (15/4/2017), yakni di Kelurahan Kelapa Gading Timur RW 04, RW 03, dan RW 06. “Sebagian sudah diturunin dari truk cuma ada satu truk yang standby. Harganya Rp 5.000,- dengan menyertakan foto copy KK (Kartu Keluarga). Gula pasir satu kilo, minyak goreng satu liter, beras dua kilo,” paparnya.

Sementara M. Jufri Ketua Bidang Penegakan Hukum Bawaslu DKI mengatakan, dalam kasus ini diakuinya ada pelaporan, kami masih menunggu informasi laporan, apakah benar ada indikasi itu dalam money politik dalam masa tenang kampanye, tukasnya.

reporter : nanorame

Check Also

Bangunan 6 Lantai Hasil TSM di Kartini VIII Akhirnya di Bongkar Petugas Gabungan

Jakarta, sketsindonews – Bangunan 6 lantai tak berijin serta melanggar aturan di pemukiman padat oleh …

Watch Dragon ball super